Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus Restoran Minang Sabana, Mojokerto)

Prayoga, Muhamad Rizki (2019) Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus Restoran Minang Sabana, Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis makanan (kuliner) merupakan salah satu bisnis yang akhir-akhir ini berkembang pesat serta memiliki potensi yang cukup besar. Restoran merupakan salah satu bisnis makanan yang paling berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Restoran Minang Sabana merupakan salah satu tempat favorit kuliner di kota Mojokerto yang menyediakan berbagai menu masakan khas sumatera barat yang bertepat di Jalan Raya Raden wijaya No.54 kota Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui alternatif strategi pemasaran yang sesuai dan tepat menggunakan analisis SWOT dan metode QSPM yang dapat diterapkan pada Restoran Minang Sabana. Pada penelitian yang dilakukan analisis SWOT digunakan untuk menganalisis pengembangan empat tipe strategi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Pada analisis QSPM digunakan untuk mengevaluasi strategi yang akan diterapkan sehingga dapat mengoptimalkan hasil yang diperoleh, dengan matriks QSPM dapat ditetapkan ketertarikan relatif dari strategi-strategi bervariasi yang dapat dipilih sehingga dapat diketahui strategi pemasaran yang dianggap paling baik dan sesuai untuk implementasi di perusahaan, Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa nilai total matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dengan hasil sebesar 3.795 dan nilai total pada Eksternal Factor Evaluation (EFE) dengan hasil sebesar 3.015. Analisa posisi restoran Minang Sabana menggunakan matriks Internal dan Eksternal didapatkan bahwa restoran Minang Sabana berada pada sel I yaitu Grow and Built Strategy (tumbuh dan bina) yang dapat diterapkan yaitu strategi intensif yang meliputi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan matriks SWOT tersebut didapatkan delapan alternatif strategi. Prioritas strategi yang didapatkan dengan menggunakanxviii matriks QSPM didapatkan hasil Total Attractive Score (TAS). Strategi tersebut yaitu Mempertahankan pelayanan dan kualitas produk (7,032), mempertahankan citra atau image perusahaan (6,758). dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran (6,399)

English Abstract

Food culinary (business) is one business which recently and had the potential growing considerable. The restaurant is one of the food business the most potential to get a huge advantage.The restaurant minang sabana is one of a favorite place for food in the city mojokerto areas that provides a variety of the menu specialty west sumatra bertepat on the highway raden wijaya no.54 town. mojokerto areas. The purpose of this research is to know alternative marketing strategies that line and right using analysis swot qspm and methods of being inapplicable to restaurant minang savanna .In research conducted swot analysis used to analyze four type that is the force strategy development , weakness , opportunitiethe analysis qspm results, with a matrix qspm interest can be set relative of varying strategies that may be selected in order to know marketing strategies that which are considered most well and in accordance, for the implementation in the company. Based on the research done , or that the total value of matrix internal factor evaluation ( IFE ) with the result of 3.795 and a total value on external factor evaluation ( EFE ) with the result of 3.015 .Analysis position restaurant minang savanna use matrix internal and external got that restaurant minang savanna be on cells i namely grow and built strategy it and bina ) that can be applied is intensive strategy which includes market penetration and product development. Based on the matrix training or eight alternative strategy .Priority strategy or using matrix qspm obtained the results of the total attractive score ( TAS ) .Strategy are maintain service and the quality of the product ( 7,032 ) , maintain the image of or image of a firm ( 6,758 ) . And to utilize the progress of technology to marketing ( 6,399 )

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Restoran, Analisis SWOT, QSPM, restaurant , analysis training , qspm
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:38
Last Modified: 21 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181256
[thumbnail of MUHAMAD RIZKI PRAYOGA (2).pdf]
Preview
Text
MUHAMAD RIZKI PRAYOGA (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item