Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Grab Driver Menggunakan Metode UX Curve

Ayuningtyas, Nurina (2020) Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Grab Driver Menggunakan Metode UX Curve. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep sharing economy merupakan sebuah konsep untuk berbagi sumber daya on-demand dengan orang lain termasuk di dalamnya adalah akomodasi tempat tinggal, layanan, pengantaran barang, dan juga media transportasi. Salah satu platform sharing economy yang telah berkembang pesat di Indonesia diantaranya adalah Grab yang menyediakan berbagai macam layanan sharing economy seperti berbagi sumber daya berupa moda transportasi, pengantaran makanan, dan pembayaran. Ketika menjalankan layanan Grab, selain aplikasi yang digunakan oleh penumpang terdapat aplikasi yang digunakan oleh pengemudi yaitu aplikasi Grab Driver. Dalam upayanya untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan dari para mitra pengemudi, Grab melakukan berbagai pembaharuan terhadap aplikasi. Pembaharuan yang dilakukan terhadap aplikasi ini mengundang respon dari pengguna. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh perubahan-perubahan fitur tersebut terhadap pengalaman pengguna dengan cara melakukan evaluasi pengalaman pengguna jangka panjang menggunakan metode UX Curve. Pada tahap pengumpulan data yang terdiri atas dua tahapan yaitu Innitial Questionnare dan Curve Drawing Template. Dari proses ini dihasilkan sebanyak 100 kurva yang dibagi menjadi 5 sudut pandang yaitu attractiveness, degree of usage, ease of use, dan utility. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan dan dikategorikan menjadi kurva improving, deteriorating, dan juga stable. Selain menggambar kurva responden juga diinstruksikan untuk mengemukakan alasan mereka terhadap titik kurva yang berubah. Hasil dari pengumpulan data adalah sebanyak 63 kurva improving, 10 kurva deteriorating, dan juga 27 kurva stable. Total alasan yang dihasilkan adalah 592 alasan dengan rata-rata 29,6 alasan per responden (20,7 positif, dan 8,9 negatif N=20). Dalam semua dimensi terdapat satu fitur yang selalu mendapatkan komentar positif yaitu fitur terima otomatis. Keberadaan fitur ini telah membawa dampak positif bagi pengalaman pengguna aplikasi Grab Driver. Aspek yang paling berpengaruh terhadap aplikasi Grab Driver adalah aspek utility dengan rata-rata 11,65 alasan yang dikemukakan oleh setiap pengguna (7.45 positif dan 4.2 negatif, N=20), dan yang paling sedikit adalah aspek motivational dengan rata-rata sebanyak 5,55 alasan (4.15 positif dan 1.4 negatif, N=20). Hal ini menandakan bahwa untuk meningkatkan pengalaman pengguna maka aspek yang paling berpengaruh adalah aspek utility

English Abstract

The concept of sharing economy is a concept for sharing on-demand resources with other people including housing accommodation, services, delivery of goods, and also transportation media. Some sharing economy platforms that have developed rapidly in Indonesia include Grab which provides a variety of sharing economy services such as sharing resources in the form of transportation modes, food delivery, and payment. When running the Grab service, in addition to the application used by passengers there is an application used by the driver, the Grab Driver application. In its effort to adapt the application to the needs of the driver partners, Grab made various updates to the application. Updates made to this application invite responses from users. This study then aims to identify the effect of these feature changes on user experience by evaluating long-term user experience using the UX Curve method. At the stage of data collection consisting of two stages, namely Initial Questionnare and Curve Drawing Templat. From this process a total of 100 curves are produced which are divided into 5 points of view namely attractiveness, degree of usage, ease of use, and utility. The curves are then combined and categorized into the improving, deteriorating, and also stable curves. In addition to drawing the curves the respondents were also instructed to state their reasons for the changing curve points. The results of data collection are 63 improving curves, 10 deteriorating curves, and also 27 stable curves. The total reason generated was 592 reasons with an average of 29.6 reasons per respondent (20.7 positive, and 8.9 negative N = 20). In all dimensions there is one feature that always gets positive comments namely the auto-accept feature. The existence of this feature has a positive impact on the Grab Driver application user experience. The most influential aspect of the Grab Driver application is the utility aspect with an average of 11.65 reasons stated by each user (7.45 positive and 4.2 negative, N = 20), and the least is the motivational aspect with an average of 5, 55 reasons (4.15 positive and 1.4 negative, N = 20). This indicates that to improve user experience, the most influential aspect is the utility aspect

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/147/052003120
Uncontrolled Keywords: sharing economy, pengalaman pengguna, penggalaman pengguna jangka panjang, perubahan fitur, Grab Driver, UX Curve, sharing economy, user experience, long-term user experience, feature changes, Grab Driver, UX Curve
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:49
Last Modified: 09 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181057
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurina Ayuningtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (4MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (4MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item