Pengembangan E-modul Pembelajaran “Pemrograman Dasar” Dengan Metode Research and Development (Studi Pada: SMK Negeri 4 Malang)

Prasetyoadi, Eko Bagus (2020) Pengembangan E-modul Pembelajaran “Pemrograman Dasar” Dengan Metode Research and Development (Studi Pada: SMK Negeri 4 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai dengan pedoman Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Revisi yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan untuk kompetensi keahlian multimedia, mata pelajaran pemrograman dasar dilaksanakan sebanyak 144 jam pelajaran. Jadi, saat ini siswa SMK yang mengambil jurusan Multimedia juga memperoleh mata pelajaran pemrograman dasar. Berdasarkan hasil dari proses observasi yang dilakukan, guru pemrograman dasar menggunakan e-modul tutorial pemrograman c++ yang terbit pada tahun 2009. Dapat dikatakan bahwa e-modul tersebut tidak sesuai dengan siswa kelas X Multimedia yang saat ini menggunakan kurikulum 2013 revisi. Pada saat kegiatan belajar mengajar juga diperoleh hasil dari proses observasi siswa tampak kurang tertarik dengan menggunakan e-modul guru dibuktikan dengan adanya siswa yang tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi yang ada pada e-modul tersebut. Penelitian pengembangan e-modul pembelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Malang fokus pada pengembangan desain dan konten agar sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan menarik minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development/R&D. Pada metode tersebut terdapat 10 tahapan yang harus dilakukan diantaranya analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Berdasarkan hasil dari penelitian, emodul yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 3,58 (Sangat Baik) ketika divalidasi oleh ahli materi, 3,14 (Baik) ketika divalidasi oleh ahli media, 3,55 (Sangat Baik) ketika dinilai oleh kelompok kecil, dan 3,26 (Sangat Baik) ketika dinilai oleh kelompok besar. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan e-modul pembelajaran pemrograman dasar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang disertai praktikum.

English Abstract

In accordance with the Guidelines for Core Competencies and Basic Curriculum 2013 Revision issued by the Directorate of Vocational High School Development for multimedia expertise competencies, basic programming subjects are carried out as many as 144 hours. So, currently Vocational High School students who are majoring in Multimedia also get basic programming subjects. Based on the results of the observation process, the basic programming teacher uses the e-module of the c++ programming tutorial published in 2009. It can be said that the e-module is not suitable for Class X Multimedia students who currently use the revised 2013 curriculum. At the time of teaching and learning activities also obtained the results of the observation process students seemed less interested in using the teacher's e-module as evidenced by the students who did not pay attention when the teacher delivered the material in the e-module. Research on the development of e-module of basic programming learning for students of class X Multimedia Vocational High School 4 Malang focuses on developing design and content to fit the applicable curriculum and attract students' learning interest. This research uses the Research and Development/R&D method. In this method there are 10 stages that must be done including analysis of potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, product trials, product revisions, product trials, product revisions, and mass products. Based on the results of the study, the emodule obtained an average score of 3,58 (Very Good) when validated by material experts, 3,14 (Good) when validated by media experts, 3,55 (Very Good) when assessed by small groups, and 3,26 ( Very good) when assessed by large groups. From these results it can be said that the e-module of basic programming learning developed is suitable for use in teaching and learning activities accompanied by practice class.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/244/052003434
Uncontrolled Keywords: e-modul, pemrograman dasar, Research and Development/R&D, e-modul, basic programming, Research and Development/R&D
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:22
Last Modified: 11 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180999
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eko Bagus Prasetyoadi (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (24MB)

Actions (login required)

View Item View Item