Pengembangan Media Pembelajaran Holografis (Studi Kasus : Bab Indera Pendengaran Manusia)

Azis, Abdul (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Holografis (Studi Kasus : Bab Indera Pendengaran Manusia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seluruh bentuk sarana pendidikan diisyaratkan mampu membantu peserta didik memahami bahan ajar yang diberikan tenaga pendidik kepadanya, disamping itu harus mampu membangkitkan minat belajar pada peserta didik tersebut. Sarana pendidikan harus mampu membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan serta penciuman. Untuk tujuan tersebut maka seorang pendidik perlu memiliki sebuah media pembelajaran yang memadai, agar bahan ajar dapat diserap peserta didik dengan sebaik-baiknya (Daryanto, 2016). Holografis adalah teknik rekonstruksi objek yang sebelumnya sudah direkam dan kemudian ditampilkan kembali sebagai sebuah objek gambar yang berubah posisi dan orientasi sistem pandangan sehingga seakan-akan objek yang ditampilkan adalah bentuk refleksi tiga dimensi dari objek asli (Kurniawan, 2017). Penyusun akan membuat atau merancang suatu pembelajaran indera pendengaran yang didalamnya ada bagian-bagian, fungsi telinga manusia dengan tampilan tiga dimensi dan akan dilengkapi berupa suara penjelasan dari animasi tersebut. Aplikasi ini akan diimplementasikan di atas layar smartphone android menggunakan media proyeksi akrilik prisma kemudian bisa ditampilkan ke tiga dimensi dan bisa dilihat secara 360. Berdasarkan hasil pengujian efektivitas menunjukan adanya peningkatan dari hasil belajar siswa sebesar 10,25% yang semula mendapatkan hasil rasta-rata dari pre-test sebesar 75,75 menjadi 85. Dengan menggunakan metode System Usability Scale, pengujian usabilitas menunjuk hasil yang memuaskan. Aplikasi pembelajaran indera pendengaran mulai dari gampang digunakan, efisiensi, gampang dikenal , kesalahan dan kepuasan. Sudah diujikan kepada 13 pelapor setelah mengoperasikan aplikasi, kemudian mendapat hasil 13 pelapor yaitu: sangat setuju = 62, setuju = 38, netral = 32 dan tidak setuju = 0. Selanjutnya dari total semua jawabannya, lalu dilakukan presentase usability yaitu 82.3 % dan dikategorikan kualifikasi baik atau berhasil jika dilihat pada tabel kuantitatif menurut Arikunto.

English Abstract

All forms of educational facilities are expected to be able to help students understand the teaching materials provided by educators to him, besides that they must be able to generate interest in learning for these students. Means of education must be able to stimulate the senses of sight, hearing, touch, taste and smell. For this purpose, an educator needs to have an adequate learning media, so that the instructional materials can be absorbed by the students as well as possible (Daryanto, 2016). Holographic is a technique of reconstructing objects that have been previously recorded and then displayed again as an image object that changes position and orientation of the view system so that the object shown is a form of three-dimensional reflection of the original object (Kurniawan, 2017). The compiler will make or design a sense of hearing learning in which there are parts, functions of the human ear with a three-dimensional display and will be equipped with an explanation sound from the animation. This application will be implemented on top of an Android smartphone screen using acrylic prism projection media and then can be displayed to three dimensions and can be viewed 360. Based on the results of effectiveness testing shows an increase of student learning outcomes of 10.25% which originally received average results from pre-test of 75.75 to 85. By using the System Usability Scale method, usability testing shows satisfactory results. Hearing sensory learning applications start from easy to use, efficiency, easy to recognize, mistakes and satisfaction. It has been tested on 13 reporters after operating the application, then got 13 reporters, namely: strongly agree = 62, agree = 38, neutral = 32 and disagree = 0. Furthermore, from the total answers, then usability percentage is 82.3% and categorized as qualification good or successful when seen in a quantitative table according to Arikunto

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/169/052003360
Uncontrolled Keywords: Holografis, Indera pendengaran manusia, Usability testing, Holographic, Human hearing senses, Usability testing
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:57
Last Modified: 14 Apr 2023 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180909
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abdul Azis (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item