Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Four-D Pada Siswa SMK Negeri 5 Malang

Ramadhanti, Fajar (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Menggunakan Model Four-D Pada Siswa SMK Negeri 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis percetakan menggunakan model four-D dan mendeskripsikan serta mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis percetakan menggunakan model four-D. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yang melibatkan interaksi antara guru dengan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model four-d. Penelitian menggunakan model four-d terdiri dari empat tahap, yakni (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), dan (4) Penyebarluasan (Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 5 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media pembelajaran interaktif berupa e-book, tes pilihan ganda yang meliputi pretest dan posttest, lembar penilaian, Kuesioner respon peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan dinyatakan layak digunakan setelah melalui validasi oleh validator. Rerata hasil validasi oleh validator sebesar 87%, hal ini menunjukkan bahwa media yang dibuat valid dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Tingkat pemahaman peserta didik yang diperoleh berdasarkan rerata hasil pretest dan posttest. Rerata hasil pretest secara keseluruhan sebesar 64,5. Sedangkan rerata hasil posttest sebesar 78,2. Selisih rerata hasil pretest dan posttest sebesar 13,7. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan dapat digunakan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.

English Abstract

This research aims to determine the validity of interactive learning media in the graphic design subjects of printing using a four-D model and describe and determine the level of understanding of learners after using the media Interactive learning on graphic design subjects printing using a four-D model. Interactive Learning Media is a learning medium used in learning that involves interaction between teachers and learners. The methods used in this research are research and development (R&D) using four-D models. The study uses four-D models consisting of four stages, namely (1) definition (Define), (2) design, (3) development, and (4) dissemination (Disseminate). The subjects in this study were students of class XI Multimedia 1 SMK Negeri 5 Malang. The instruments used in this study include interactive media validation sheets of e-books, multiple choice tests that include pretests and posttest, assessment sheets, student response questionnaire. Based on the results of the study acquired that: (1) Interactive learning Media-based e-book graphic design printing is declared worth using after through validation by validators. The average validation results by a validator of 87%, it indicates that the media is being made valid with the category "excellent". (2) The level of understanding of learners obtained based on the average results of pretests and posttest. The overall pretests results average of 64.5. While the average posttest results amounted to 78.2. The average rate difference of pretests and posttest is 13.7. This suggests that interactive learning media-based e-book graphic design printing can be used to improve learners ' understanding.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/125/052003087
Uncontrolled Keywords: Media, Interaktif, Four-D, Media, interactive, Four-D
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:58
Last Modified: 09 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180886
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fajar Ramadhanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item