Perancangan Pengalaman Pengguna Sistem Pembelajaran Etika Komunikasi Mahasiswa Universitas Brawijaya Dengan Konsep Gamifikasi Menggunakan Pendekatan Player Centered Design

Khaufillah, Mohammad (2020) Perancangan Pengalaman Pengguna Sistem Pembelajaran Etika Komunikasi Mahasiswa Universitas Brawijaya Dengan Konsep Gamifikasi Menggunakan Pendekatan Player Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Brawijaya memiliki ribuan mahasiswa dengan latar belakang yang beragam. Setiap mahasiswa tidak lepas dari penggunaan ponsel pintar untuk aktivitas sehari – hari. Intensitas penggunaan ponsel pintar dapat berpengaruh terhadap perilaku komunikasi. Karena hal tersebut, terbentuk perbedaan tata cara atau etika berkomunikasi secara langsung dan melalui media teknologi informasi, terutama komunikasi antara mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu diperlukan sistem yang memuat konten edukasi yang berkualitas guna membantu mahasiswa Universitas Brawijaya dalam membentuk perilaku komunikasi yang baik dan positif di lingkungan Universitas Brawijaya. Untuk menarik minat mahasiswa dalam membuka sistem, dibutuhkan sistem yang interaktif dan menyenangkan. Untuk itu diperlukan konsep gamifikasi dalam merancang sistem. Dipilihnya konsep gamifikasi karena konsep tersebut mendukung peningkatan motivasi melalui sisi psikologis melalui elemen game yaitu melalui kombinasi dari tantangan, umpan balik, dan aturan. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan beban biaya dari implementasi sistem. Untuk menunjang konsep gamifikasi diperlukan pendekatan yang sesuai yaitu Player Centered Design sebagai alur dalam perancangan sistem. Proses perancangan menghasilkan 13 kebutuhan sistem, 5 definisi misi, 6 definisi motivasi, dan hasil akhir berupa high fidelity prototype. Pada penelitian ini dilakukan pengujian untuk mendapatkan saran perbaikan sistem dari pengguna. Proses pengujian dilakukan menggunakan metode playtesting. Pengujian dilakukan melalui 2 iterasi dengan menghasilkan 8 rancangan perbaikan sistem untuk iterasi 1 dan 1 rancangan perbaikan sistem untuk iterasi 2.

English Abstract

Brawijaya University has thousands of students with diverse backgrounds. Almost all student in Brawijaya University using smartphone for daily activities. The intensity of smartphone usage can affect communication behavior. It can be formed differences in the procedures or ethics of directly communicating and through information technology media, especially communication between students and lecturers. Therefore, we need a system with quality educational content to help Brawijaya University students to make positive communication behavior within the University of Brawijaya environment. To attract students’ interest, an interactive and fun system is needed. This requires the concept of gamification in designing systems. The concept of gamification was chosen because the concept supports motivation improvement through the psychological side of the game element, namely through a combination of challenges, feedback, and rules. So that it can reduce the cost burden of implementing the system. To support the concept of gamification, a Player Centered Design approach is needed as a flow in system design. The design process produces 13 system requirements, 5 mission definitions, 6 motivation definitions, and the final result is a high fidelity prototype. In this research using testing process to generate some design improvement from user. Testing process in this research is using playtesting method. It has 2 iterations. In first iteration produce 8 system improvement designs and second iteration produce 1 system improvement design.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/112/052003074
Uncontrolled Keywords: etika komunikasi, universitas brawijaya, gamifikasi, player centered design, playtesting, communication ethics, brawijaya university, gamification, player centered design, playtesting
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:59
Last Modified: 14 Apr 2023 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180872
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Khaufillah .pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item