Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pogram E-HEALTH (Studi di Puskesmas Manukan Kulon dan Puskesmas Made Kota Surabaya Tahun 2018)

Lumbantobing, Ezer (2019) Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pogram E-HEALTH (Studi di Puskesmas Manukan Kulon dan Puskesmas Made Kota Surabaya Tahun 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada indeks kepuasan masyarakat terhadap program E-Health di Kota Surabaya tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data menggunakan kuisioner yang akan dibagikan kepada responden sebagai data primer dan wawancara, dokumen-dokumen sebagai data sekunder. Teknik penelitian ini menggunakan aksidental sampling, dengan total 100 responden. Data telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan analisis regresi linear berganda dan juga analisis korelatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik program E-Health di Puskesmas Manukan Kulon dan Puskesmas Made sudah menerapkan dimensi Produk dengan nilai 2,69, Jasa dengan nilai 2,84, Aksesibilitas dengan nilai 2,83, Komunikasi dengan nilai 2,7, Relevansi dan Kualitas dengan nilai 2,85, dan Staff dengan nilai 2,89. Pada indikator tersebut mayoritas masyarakat telah puas dengan adanya pelayanan publik program E-Health Namun ada beberapa indikator yang belum maksimal yaitu indikator pertama (Produk) seperti masyarakat kurang mengetahui mengenai aplikasi ini sehingga dibantu petugas saat pendaftaran dan pengambilan nomor antrian, pelayanan ini hanya mempercepat registrasi pendaftaran saja, tidak dengan pelayanan untuk pengobatan, masyarakat juga harus mengantri dalam mendapatkan pelayanan pengobatan karena jumlah pasien yang banyak

English Abstract

This study focuses on the community satisfaction index of the E-Health program in Surabaya in 2018. The method used in this research is quantitative. Retrieval of data using questionnaires that will be distributed to respondents as primary data and documents as secondary data. This research technique uses accidental sampling, with a total of 100 respondents. Data has been tested for validity and reliability using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the index of public satisfaction with public services E-Health program in Puskesmas Manukan Kulon and Puskesmas Made have implemented the product dimension with a value of 2.69, Services with a value of 2.84, Accessibility with a value of 2.83, Communication with a value of 2,7. Relevance and Quality with a value of 2.85, and Staff with a value of 2.89. In this indicator the majority of people are satisfied with the existence of EHealth program public services. However, there are some indicators that have not been maximized, namely the first indicator (Product), such as the community lacking knowledge about this application, so that assisted by officers when registering and taking queue numbers. just registration, not with services for treatment, people also have to queue in getting treatment services because of the large number of patients.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/193/052003327
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat, E-Health, Puskesmas Manukan Kulon Puskesmas Made, Community Satisfaction Index, E-Health, Manukan Kulon community Health Center, Made community health center
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2020 12:09
Last Modified: 19 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180840
[thumbnail of Ezer Lumbantobing (2).pdf]
Preview
Text
Ezer Lumbantobing (2).pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item