Representasi Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce terhadap Representasi Perempuan dalam Iklan “Mobile Legends: Bang-Bang” Versi “Jessica Iskandar Goyang Jempol di Sekolah

Gumelar, Agum Gilang (2019) Representasi Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce terhadap Representasi Perempuan dalam Iklan “Mobile Legends: Bang-Bang” Versi “Jessica Iskandar Goyang Jempol di Sekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media iklan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Semakin banyak media untuk beriklan, semakin beragam pula tampilan iklan yang disajikan. Pemilihan konsep dan jalan cerita untuk digunakan dalam iklan menjadi hal yang sangat penting. Simbol-simbol dalam iklan yang disajikan sedemikian rupa merupakan materi yang dibahas dalam penelitian ini untuk didapatkan maknanya. Penelitian berikut dikerjakan berdasarkan pada salah satu iklan, yakni “Mobile Legends:BangBang” versi “Jessica Iskandar Goyang Jempol di Sekolah”. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana representasi perempuan yang disajikan dalam iklan yang mempromosikan produk game “Mobile Legends: Bang-Bang” versi “Jessica Iskandar Goyang Jempol di Sekolah”. Iklan ini dipilih karena fenomena pertumbuhan game online terutama yang bisa dimainkan melalui ponsel semakin pesat. Representasi negatif terhadap pemeran perempuan dalam iklan pun sudah dianggap wajar sejak berakhirnya perang dunia II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika oleh Charles Sanders Pierce. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan hasil dari analisis terhadap setiap adegan-adegan yang ditunjukkan dalam iklan ini. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa representasi perempuan dalam iklan masih terpengaruh oleh adanya stereotip gender dan objektifikasi terhadap perempuan. Kemudian banyaknya pemeran perempuan tidak cukup untuk menutupi celah perbedaan peran yang masih ditampilkan. Beberapa aspek Image Framing perempuan di media iklan juga masih ditampilkan, yakni Relative Size dan Ritualization of Subordination.

English Abstract

Advertising media is growing year by year. The more media to advertise, the more diverse the display of ads that are served. The choice of concepts and story lines to be used in advertising is very important. The symbols in advertisements presented in such a way are the material discussed in this study to obtain their meaning. The following research was carried out based on one of the advertisements, namely "Mobile Legends: Bang-Bang" version of "Jessica Iskandar Goyang Jempol di Sekolah". This study aims to show how the representation of women presented in advertisements promoting the game product "Mobile Legends: Bang-Bang" version of "Jessica Iskandar Shakes the Thumb at School". This ad was chosen because of the phenomenon of the growth of online games, especially those that can be played through mobile phones more rapidly. Negative representations of women in advertisements have been considered normal since the end of World War II. This research is a descriptive qualitative study using the semiotic analysis method by Charles Sanders Pierce. Documentation is carried out to obtain the results of an analysis of each of the scenes shown in this ad. The results obtained from this study indicate that the representation of women in advertising is still affected by gender stereotypes and objectification of women. Then the number of female actors is not enough to cover the gap in the roles that are still displayed. Several aspects of women's image framing in the advertising media are also still displayed, namely “Relative Size” and “Ritualization of Subordination

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/169/052003223
Uncontrolled Keywords: Iklan, Representasi, Perempuan, Semiotika, Advertisement, Representation, Women, Semiotics
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.43 Women by occupation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:59
Last Modified: 18 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180818
[thumbnail of Agum Gilang Gumelar (2).pdf]
Preview
Text
Agum Gilang Gumelar (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item