Perbedaan Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi

Amalia, Dwi Arba Septia (2019) Perbedaan Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi coping pada mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti organisasi dan tidak mengikuti organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis komparatif, yang membedakan dua kelompok sampel (mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti organisasi dan tidak mengikuti organisasi) dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti organisasi dan tidak mengikuti organisasi yang sedang menempuh pendidikan D3, D4, S1. Instrumen Penelitian menggunakan skala Coping Stres oleh Susan Folkman, dkk (1986) yang telah diadaptasi oleh ahli yaitu INBIS (2019) dengan koefisien reabilitas sebesar 0.957. Analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan dihasilkan pada dimensi problem focused coping nilai t sebasar 5.511 (p < 0.05) dan emotion focused coping nilai t sebesar 5.664 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan strategi coping yang signifikan antara mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti organisasi dan tidak mengikuti organisasi

English Abstract

This study aims to determine the differences in coping strategies in final year students who follow the organization and do not follow the organization. This research is a quantitative study with comparative analysis techniques, which distinguishes two samplegroups (final year students who follow the organization and does not follow theorganization) with a total sample of 120 respondents taken using incidental sampling techniques. The sample in this study was the final year students who joined the organization and did not follow the organization that was studying for D3, D4, S1. The research instrument uses the Coping Stress scale by Susan Folkman, et al (1986) which have been adapted by experts namely INBIS (2019) with a reliability coefficient of 0.957. Analysis of the data used was independent sample t-test and resulted in the dimension of problem focused coping t-value as broad as 5,511 (p <0.05) and emotion focused coping t-value of 5,664 (p <0.05) which showed that there were significant differences in coping strategies between students the final level which follows the organization and does not follow the organization

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/164/052003218
Uncontrolled Keywords: Strategi Coping, Mahasiswa Tingkat Akhir, Mengikuti Organisasi dan Tidak Mengikuti Organisasi, Coping Strategies, Final Year Students, Following Organizations and Not Following Organizations
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.19 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students, curricula > 378.198 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students (Students)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:00
Last Modified: 18 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180813
[thumbnail of Dwi Arba Septia Amalia (2).pdf]
Preview
Text
Dwi Arba Septia Amalia (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item