Pengembangan Sistem Informasi Point of Sales untuk Bengkel Berbasis Cloud Computing (Studi Kasus: Bengkel Mas Pur Baturaja)

Lavenia, Bella Hersy (2020) Pengembangan Sistem Informasi Point of Sales untuk Bengkel Berbasis Cloud Computing (Studi Kasus: Bengkel Mas Pur Baturaja). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bengkel Mas Pur Baturaja merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbaikan badan kendaraan khususnya roda empat. Sejak awal berdiri perusahaan ini menggunakan pengolahan data manual yang mengharuskan setiap transaksi dicatat dan dibukukan. Dalam pengelolaannya, perusahaan ini memiliki permasalahan yaitu proses transaksi sering kali tidak tercatat sehingga mengakibatkan tidak lengkapnya data-data perusahaan. Dari permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah sistem informasi point of sales untuk bengkel. Sistem informasi point of sales untuk bengkel merupakan sistem informasi berbasis cloud computing yang dapat diakses oleh pengguna melalui penelusur web, pengguna akan dengan mudah merekap dan mencatat setiap transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan perusahaan. Pengembangan sistem informasi point of sales untuk bengkel menggunakan framework CodeIgniter, bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, javascript dan basis data MySQL, untuk implementasi cloud computing akan digunakan jenis layanan Infrastructure as a Service (IaaS) yaitu layanan AWS EC2 dari Amazon Web Service dengan jenis instance t2.micro dan sistem operasi Ubuntu Server 16.04. Pengujian yang dilakukan pada sistem ini akan menggunakan pengujian fungsional dan pengujian non-fungsional. Pengujian fungsional pada sistem menghasilkan 15 kasus uji dengan 14 dinyatakan valid sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian non-fungsional akan menguji kompatibilitas sistem terhadap beberapa penelusur web dengan menggunakan perangkat lunak sortsite menghasilkan 2 critical issues pada chrome dan firefox, 2 major issues dan 10 minor issues. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa sistem informasi point of sales untuk bengkel berbasis cloud computing layak untuk digunakan di Bengkel Mas Pur Baturaja.

English Abstract

Bengkel Mas Pur Baturaja is a company that focuses on vehicle body repair services, especially for four-wheel vehicle. In the very beginning, Bengkel Mas Pur Baturaja uses manual data processing which requires that every transaction must be recorded. In this management, this company has many problem including unregistered transactions and incomplete transaction data. From these problems, a point of sales information system for car services shop was made. Point of sales information system for car services shop is a cloud computing-based system that can be accessed by users through a web browser, users will be easily to record every transaction by the company. The development of point of sales information systems for a workshops is using the CodeIgniter framework, a programming languages like PHP, HTML, CSS, Javascript and used MySQL as database. The implementation for cloud computing will be used Infrastructure service (IaaS) as service type that is AWS EC2 from Amazon Web Services as a cloud provider and the instance is t2.micro with Ubuntu Server 16.04 as operating system. Tests carried out on this system will use functional testing and non-fuctional testing. Functional testing on the system has 15 test cases with 14 declared valid according to user requirements. Non-functional testing will test the system's compatibility with some web browser using sortsite software to produce 2 critical issues on Chrome and Firefox, 2 major issues and 10 minor issues. Based on the results of tests that have been conducted, it has been concluded that the point of sales information system for car services shop cloud computing-based is feasible to be used in Bengkel Mas Pur Baturaja.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/91/052003053
Uncontrolled Keywords: point of sales, cloud computing, Infrastructure as a Service, CodeIgniter, PHP, MySQL, AWS EC2.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:18
Last Modified: 09 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180807
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bella Hersy Lavenia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item