Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Pada : SMK Negeri 4 Malang)

Ma’rifah, Sila Nur (2020) Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Pada : SMK Negeri 4 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini, adanya proses pembelajaran yang berlangsung di Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 4 Malang yaitu proses pembelajaran terpusat pada penjelasan guru yang menggunakan media power point. Dalam belajar, siswa memanfaatkan power point dan catatan masing-masing. Hasil dari tugas yang diberikan oleh guru belum cukup baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar dengan adanya penerapan Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Multimedia kelas X-MM-A dan X-MM-B. Kelas X-MM-A merupakan kelas unggulan dan kelas X-MM-B merupakan kelas paling bawah dari tiga kelas yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal Pre Test dan Post Test untuk pengetahuan siswa dan menggunakan praktikum untuk keterampilan siswa. Teknik pengolahan data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney untuk melakukan uji hipotesis berdasarkan data penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian ini yaitu hasil belajar pada pengetahuan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa mengalami peningkatan dan hasil belajar pada pengetahuan dan keterampilan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa adalah sama. Bukti peningkatan hasil belajar pada pengetahuan siswa dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa yaitu memperoleh hasil yang lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan sebesar 0,05. Bukti hasil belajar pada pengetahuan dan keterampilan siswa yang sama dengan adanya penerapan Problem Based Learning dengan ataupun tanpa bantuan Lembar Kerja Siswa yaitu memperoleh memperoleh hasil yang lebih besar dari taraf signifikan yang digunakan sebesar 0,05.

English Abstract

The background of this research, the learning process that took place in Class X Department of Multimedia SMK Negeri 4 Malang is a learning process centered on the explanation of teachers who use power point media. In learning, students make use of their power points and notes. The results of the assignments given by the teacher are not good enough. The purpose of this study is to improve student learning outcomes in Basic Programming subjects with the application of Problem Based Learning aided by Student Worksheets. The method used in this study is the Quasi Experiment research method with the Non Equivalent Control Group Design research design using two classes, namely the control class and the experimental class. The research subjects were students of class X Multimedia Department class X-MM-A and X-MM-B. Class X-MM-A is a superior class and class X-MM-B is the lowest class of the three existing classes. Data collection techniques using test instruments in the form of questions Pre Test and Post Test for student knowledge and use practicum for student skills. Data processing techniques using the Wilcoxon Test and Mann-Whitney Test to conduct hypothesis testing based on research data obtained. The results of this study are learning outcomes on student knowledge with the application of Problem Based Learning with or without the help of Worksheets Students have increased and learning outcomes on students' knowledge and skills with the application of Problem Based Learning with or without the help of Student Worksheets are the same. Evidence of an increase in learning outcomes in student knowledge with the application of Problem Based Learning with or without the help of Student Worksheets is to obtain results smaller than the significant level used by 0.05. Evidence of learning outcomes on students' knowledge and skills is the same as the implementation of Problem Based Learning with or without the help of Student Worksheets that is obtaining results that are greater than the significant level used by 0.05.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/87/052003049
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Quasi Eksperiment, Non Equivalent Control Group Design, Problem Based Learning, Student Worksheets, Learning Outcomes, Quasi Eksperiment, Non Equivalent Control Group Design
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:00
Last Modified: 17 Apr 2023 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180802
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sila Nur Ma’rifah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (32MB)

Actions (login required)

View Item View Item