Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Fashion Pada Remaja

Limbong, Felicia (2020) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Fashion Pada Remaja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 140 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala konformitas (α=0,884) yang mengacu pada teori Baron dan Byrne (2005) dan skala perilaku konsumtif (α=0.898) yang mengacu pada teori Sumartono (2002). Hasil penelitian ini yaitu 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada remaja. Nilai koefisien korelasi pada penelitian ini sebesar r=0,312 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada remaja. Hal ini berarti semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi juga perilaku konsumtif atau sebaliknya.

English Abstract

This research aims to understand the correlation between the conformity and the consumptive behavior on fashion products for teenagers. This research is a quantitative correlational type of research. The sampling technique used for this research is the purposive sampling with 140 persons as samples. The measuring instrument used is the conformity scale (α=0,884), referring to the Baron and Byrne theory (2005) and consumptive behavior scale (α=0,898) referring to the theory of Sumartono (2002). The result of this research is 0,000 (p<0,05) shows that there is a correlation between the conformity and the consumptive behavior on fashion products for teenagers. The coefficient correlation value on this research is r=0,312, showing that there is a positive correlation between the conformity and the consumptive behavior on fashion products for teenagers. This means that the higher the conformity gets, the higher the consumptive behavior will be, and vice versa.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/120/052003174
Uncontrolled Keywords: konformitas, perilaku konsumtif, produk fashion, remaja,conformity, consumptive behavior, fashion products, teenagers.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:00
Last Modified: 18 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180764
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Felicia Limbong (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item