Hubungan Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, dan Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Bertarif Rendah (LCC) di Indonesia

Dwina, Raissalia Thalita (2019) Hubungan Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, dan Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Bertarif Rendah (LCC) di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak munculnya konsep maskapai bertarif rendah (LCC) di Indonesia, peminatnya terus bertambah banyak seiring berjalannya waktu dan membuat tiga maskapai LCC terbesar di Indonesia yaitu Lion Air, Citilink, dan Indonesia Air Asia menguasai market share penumpang domestik di Indonesia. Kualitas pelayanan yang rendah hingga menyebabkan kecelakaan pesawat seolah tidak begitu dihiraukan oleh calon penumpang saat membeli tiket pesawat. Dalam penelitian ini ditemukan tiga alasan penumpang memilih maskapai LCC yaitu harga yang murah dan terjangkau, ketersediaan rute dan jadwal penerbangan. Penelitan ini berusaha melihat apakah ketiga alasan tersebut memiliki peran dalam membentuk loyalitas penumpang maskapai LCC sehingga mengabaikan kualitas pelayanannya dan melihat bagaimana peran Public Relations dalam membangun hubungan baik antara maskapai dan penumpang. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penumpang akan tetap memilih maskapai LCC sebagai transportasi perjalanan udaranya karena yang mereka butuhkan adalah harga yang murah dan terjangkau, pilihan rute penerbangan yang luas dan pilihan jadwal penerbangan yang banyak, bukan kualitas pelayanannya ataupun reputasi perusahaannya. Oleh karena itu peran manajemen excellence Public Relations dalam menciptakan loyalitas pelanggan LCC dibutuhkan untuk membuat program-program komunikasi yang berisi rencana-rencana penjualan dengan menawarkan paket perjalanan dengan konsep one-stop shopping yang memudahkan penumpang dan dapat meningkatkan serta menjaga loyalitas penumpang.

English Abstract

Since the advent of the concept of low-cost carrier (LCC) in Indonesia, the demand has continued to increase in number over time and made the three largest LCC airlines in Indonesia namely Lion Air, Citilink, and Indonesia Air Asia dominate the domestic passenger market share in Indonesia. The low quality of service that causes airplane accidents seems to be ignored by the passengers when buying plane tickets. In this study, three reasons were found for passengers choosing LCC airlines, namely cheap and affordable prices, the availability of route and flight schedules. This research tries to see whether the three reasons have a role in shaping the loyalty of LCC airline passengers so that it ignores the quality of its services and relate it to how the role of Public Relations in building good relations between airlines and passengers. Quantitative methods are used in this study with SEM (Structural Equation Modeling) analysis technique. The results of this study state that passengers will continue to choose LCC as their air travel transportation because what they need is cheap and affordable prices, a wide choice of flight routes and many flight schedule choices, not the quality of service or the reputation of the company. Therefore the management role of public relations excellence in creating customer loyalty LCC is needed to create communication programs that contain sales plans by offering travel packages with a one-stop shopping concept that facilitates passengers and can increase and maintain passenger loyalty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/103/052003317
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, loyalitas pelanggan, maskapai LCC, Excellence Public Relations, one-stop shopping.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:15
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180751
[thumbnail of Raissalia Thalita Dwina (2).pdf]
Preview
Text
Raissalia Thalita Dwina (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item