Pemasaran Politik Kandidat Perempuan Dalam Pemilu ( Studi pada Calon Legislatif Perempuan Terpilih dari Partai Gerindra, PKB, dan PDI-Perjuangan pada Pemilu DPRD Kota Batu 2019)

Ramadhan, Muhamad Abiyyu (2020) Pemasaran Politik Kandidat Perempuan Dalam Pemilu ( Studi pada Calon Legislatif Perempuan Terpilih dari Partai Gerindra, PKB, dan PDI-Perjuangan pada Pemilu DPRD Kota Batu 2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai marketing politik tiga calon legislatif perempuan terpilih di Kota Batu yaitu Dewi Kartika (PKB), Amirah Ghaida Dayanara (PDIP), dan Katarina Dian Nefiningtyas (Gerindra) untuk merebur satu buah kursi dari 30 kursi di DPRD Kota batu. Penelitian ini memakai teori marketing politik model Adman Nursal sebagai pisau analisis untuk membahas strategi pemenangan yang dilakukan untuk meraih kekuasaan dan Konsep Gender untuk menganalisis Kontruksi Gender yang ada dalam proses strategi pemeanangan. Untuk metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, serta untuk penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pembahasan skripsi ini dijelaskan bahwa setiap caleg perempuan terpilih mempunyai cara yang berbeda dalam memenangkan pemilu ditinjau daru indikator teori marketing politik model Adman Nursal yaitu (Segmenting, Targeting , Positioning, dan Push, Pull and Pass Marketing). Push Marketing adalah cara yang paling diandalakan oleh Dewi Kartika (PKB) dan Amirah Ghaida Dayanara (PDI-P) dalam pemenangan dengan cara turun langsung ke masyarakat untuk meraih suara sementara Katarina Dian (Gerindra) lebih mengandalkan tim pemenangannya untuk turun langsung ke masyarakat untuk menjaga basis masa pemilih pada pemilu sebelumnya. Kontruksi gender yang digunakan dalam pemilu ada dalam setiap program calon tetapi tidak menjadi isu andalan dalam pemenangan. Kontruksi gender hanya dominan dalam positioning politik berupa program dan penguatan citra dari sosok calon legislatif terpilih.

English Abstract

This studies discussed about political marketing of three elected women legislative candidates in Batu City, who was Dewi Kartika (PKB), Amirah Ghaida Dayanara (PDIP), and Katarina Dian Nefiningtyas (Gerindra). This studies uses the political marketing theory of Adman Nursal's model to discussed the winning strategy carried out to gain power and the Conceptof Gender uses to analyze the Construction of Gender that exists in the process of the strategy of starvation. For the research method used descriptive qualitative, as well as for determining informants used purposive sampling techniques. In this discussion, this thesis discusses each selected women candidate had a different way of winning the election in terms of Adman Nursal's model of political marketing theory (Segmenting, Targeting, Positioning, and Push, Pull and Pass Marketing). Push Marketing is the most relied upon method by Dewi Kartika (PKB) and Amirah Ghaida Dayanara (PDI-P) in winning directly to the public to got votes while Katarina Dian (Gerindra) relied more on her winning team to went directly to the community for the basis of exposure in the previous election. Every candidate's program used construction of gender in the election but it was not a mainstay issue in winning. construction of gender is only dominant in political positioning which consists of programs and strengthens the image of elected legislative candidates.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/96/052003310
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Pemilu Legislatif Kota Batu 2019, caleg perempuan, DPRD. Political Marketing, Batu City Legislative Election 2019, Women candidates, DPRD.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.43 Women by occupation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 17 Apr 2023 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180743
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Abiyyu Ramadhan (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item