Kriteria Pemilihan Pasangan Pada Dewasa Awal Yang Mengalami Celebrity Worship Pada Idol K-Pop

Pamungkas, Dea Putri (2020) Kriteria Pemilihan Pasangan Pada Dewasa Awal Yang Mengalami Celebrity Worship Pada Idol K-Pop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Maltby (2003) celebrity worship adalah pemujaan terhadap selebriti yang melebihi interaksi parasosial, dimana orang menjadi sangat terobsesi dengan satu atau lebih selebriti. Celebrity worship dapat dilakukan oleh siapa saja dan intensitas celebrity worship akan menurun dengan bertambahnya umur, tetapi berdasarkan beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa celebrity worship masih ada di individu yang masuk dalam fase dewasa awal. Sedangkan seharusnya individu yang masuk ke dewasa awal sudah fokus ke dalam tugas perkembangannya, dan salah satunya adalah mencari pasangan hidup. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria pemilihan pasangan pada dewasa awal yang mengalami celebrity worship pada idol K-Pop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini berjumlah empat perempuan yang usianya masuk dalam fase dewasa awal (18-40 tahun) dan menggemari K-Pop sejak remaja. Hasil dari penelitian ini adalah ke-empat subjek memiliki tingkatan celebrity worship yang berbeda. Dua diantaranya mencapai tingkatan entertainment social value, dan tidak menjadikan idolanya sebagai kriteria pasangan hidupnya. Sedangkan dua subjek lainnya, yang mencapai tingkatan intense personal feeling mempunyai kriteria pasangan hidup berdasarkan fisik dan karakter dari idola yang disukainya.

English Abstract

This research aims to find out the criteria for partner selection in early adult who experienced celebrity worship on K-Pop idol. According to Maltby (2003) celebrity worship is worship to a celebrity that goes beyond parasocial interaction, where people become very obsessed with one or more celebrities. Parasocial interaction is a friendship or intertwined attachment relationship with a character that appears in the media, based on the affective ties that are felt by someone to the media figure (Horton & Wohl). Celebrity worship can be done by anyone and the intensity of celebrity worship will decrease with the increasing of age, but based on several research results which stated that celebrity worship still exists in individual who enters in the early adult phase. Whereas, individuals who have entered early adulthood have focused on their developmental task, and one of them is looking for a life partner. This research used a qualitative research method with a phenomenological approach. The subject of this research was four women whose age was in the early adult phase (18-40 years old) and enjoyed K-Pop since they were teenager. The result of this research was the four subjects have different level of celebrity worship. Two of them reached the level of entertainment social value, and did not make their idols as the criteria for their life partner. While the other two subjects, who reached the level of intense personal feeling, had criteria for a life partner based on the physical and character of their favourite idol.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/49/052003263
Uncontrolled Keywords: celebrity worship, dewasa awal, K-Pop, pemilihan pasangan, celebrity worship, early adult, K-Pop, partner selection
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.4 Thought, thinking, reasoning, intuition, value, judgment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:45
Last Modified: 19 Oct 2021 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180696
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dea Putri Pamungkas (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item