Piero, Hrizto Hanie Del (2020) Pengembangan Gim Permainan Edukasi Mengenai Virus Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu metode pembelajaran yang memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidikan berkualitas hanya terwujud jika didukung oleh pembelajaran yang berkualitas, sehingga segala faktor akan menjadi salah satu pendukung kemajuan pendidikan, salah satunya teknologi. Augmented reality (AR) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya baik 2d maupun 3d ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata. Dengan perkembangan Augmented Reality (AR) dalam bentuk game diharapkan dapat memberikan efek nyata dan interaksi melalui visualisasi model 3D bahkan dalam tampilan 4D. Menurut penelitian mengenai game education menghasilkan bahwa salah satu media pembelajaran atau alat bantu yang efektif dalam membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran adalah education game. Berdasarkan hasil penelitian mengenai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Siswa kelas X pada mata pelajaran biologi materi virus menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Faktor internal penyebab kesulitan belajar di antaranya pada aspek kesehatan, kelelahan, perhatian, minat dan kesiapan. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar Siswa diantaranya aspek suasana rumah, pengertian orang tua, teman bergaul di rumah, metode mengajar Guru, interaksi Guru dengan Siswa, interaksi Siswa dengan Siswa, alat penunjang pembelajaran, materi pembelajaran dan kurikulum. Iterative Rapid Prototyping merupakan metode penelitian yang dipakai untuk merancang dan mengimplementasikan game, yang masing-masing tahap dilakukan secara iterasi hingga memenuhi kebutuhan target pemain. Perancangan merupakan tahap iterasi yang menghasilkan paper prototype, dari pengumpulan analisis kebutuhan terhadap target pengguna. Implementasi merupakan proses iterasi yang menghasilkan prototype digital yang dapat dimainkan pada platform mobile android, berdasarkan perancangan. Tahap pengujian pada penelitian ini menggunakan SUS (System Usability Scale) untuk menguji interaksi antarmuka pada game. Berdasarkan nilai yang telah didapatkan dari pengujian SUS didapatkan hasil 73,25 dan disimpulkan aplikasi permainan edukasi klasifikasi virus mudah digunakan oleh pengguna.
English Abstract
Learning media is one of the learning methods that has an important role in teaching and learning activities. Quality education can only be happen if it is supported by quality learning, so that all factors will be one of the supporters of educational progress, one of which is technology. Augmented reality (AR) is a technology that combines both 2D and 3D virtual objects into a real environment and then projects these virtual objects in real time. With the development of Augmented Reality (AR) in the form of games it is expected to provide tangible effects and interactions through visualization of 3D models even in 4D views. Based on the results of research on the factors that cause learning difficulties Class X students in biology subject matter of the virus shows that there are internal factors and external factors that affect student learning difficulties. Internal factors causing learning difficulties include aspects of health, fatigue, attention, interest and readiness. While external factors that cause students' learning difficulties include aspects of the home atmosphere, understanding parents, friends hanging out at home, teaching methods of teachers, interaction between teachers and students, interaction between students and students, learning support tools, learning materials and curriculum. Iterative Rapid Prototyping is a research method used to design and implement games, each of which is done iteratively to meet the needs of the target players. The design is an iteration stage that produces a prototype paper, from the collection of needs analysis to the target user. Implementation is an iteration process that produces a digital prototype that can be played on an Android mobile platform, based on design. The testing phase in this study uses SUS (System Usability Scale) to test interface interactions in the game. Based on the values that have been obtained from SUS testing, it can be concluded that the virus classification education game application is easy to use by users.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/64/052003026 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Game, Augmented Reality, Iterative Rapid Prototyping System Usability Scale. Learning, Game, Augmented Reality, Iterative Rapid Prototyping and System Usability Scale. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:04 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 06:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180599 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hrizto Hanie Del Piero.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (7MB) |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hrizto Hanie Del Piero.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |