Analisis Pembelian Fitur Premium Pada Pengguna Aplikasi SPOTIFY Menggunakan Variabel Hedonic Motivation System

Indraswara, Randy (2020) Analisis Pembelian Fitur Premium Pada Pengguna Aplikasi SPOTIFY Menggunakan Variabel Hedonic Motivation System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Musik adalah salah satu hiburan yang relatif mudah dan sering diakses pada dunia digital. Banyak pengembang aplikasi musik yang berlomba memberikan aplikasi terbaik untuk memuaskan hasrat penikmat musik dunia khususnya di Indonesia. Salah satu aplikasi yang sangat diminati dan popular saat ini pada aplikasi musik adalah Spotify. Dengan penilaian terhadap standarisasi aplikasi music player, Spotify dengan fitur premium atau berbayar sudah memenuhi syarat untuk menjadi aplikasi yang sangat baik untuk memutar musik yang dinilai dari tampilan, kelengkapan lagu, fitur fitur standart seperti membuat playlist, radio dan lainnya, kualitas suara, fitur tambahan seperti chart music, total pendengar per album maupun lagu, dan juga event yang diadakan oleh Spotify secara berkala. Pada penelitian ini menggunakan variabel Hedonic Motivation System dengan tujuan untuk menganalisis motivasi pengguna premium aplikasi pemutar musik Spotify dalam pembelian fitur premium dikarenakan dalam hedonic motivation system tersebut memiliki variabel yang bisa digunakan untuk menganalisis motivasi pengguna fitur premium aplikasi tersebut yang mana diliat dalam motivasi kesenangan dan loyalitas pelanggan pada aplikasi musik Spotify. Diharapkan dengan menggunakan variabel di dalam Hedonic Motivation System dapat mengetahui hasil analisis motivasi pengguna fitur premium aplikasi Spotify dalam pembelian fitur premium. Berdasarkan penjelasan diatas diharapkan dengan penelitian ini dapat diketahui tingkat kesuksesan aplikasi pemutar musik Spotify sebagai acuan untuk developer agar dapat mengembangkan aplikasi pemutar musik online.

English Abstract

Music is one of the relatively easy and often accessible entertainment in the digital world. Many music application developers compete to provide the best applications to satisfy the desires of world music lovers, especially in Indonesia. One application that is very popular and popular right now in the music application is Spotify. With an assessment of the standard music player application, Spotify is qualified to be a good application for playing music judged by appearance, song completeness, standard features such as creating playlists, radio and others, sound quality, additional features such as music charts, total listeners per album or song, and also events regularly held by Spotify. In this study using the Hedonic Motivation System variable with the aim of analyzing the motivation of premium users of the Spotify music player application in purchasing premium features because the hedonic motivation system has a variable that can be used to analyze the motivation of users of the premium feature application which is seen in motivating pleasure and customer loyalty on the Spotify music application. It is expected that by using variables in the hedonic motivation system can find out the results of the analysis of the motivation of users of the Spotify app's premium features in purchasing premium features. Based on the explanation above, it is expected that with this research the success rate of the Spotify music player application can be seen as a reference for developers to develop online music player applications.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/42/052003004
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:44
Last Modified: 13 Apr 2023 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180515
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Randy Indraswara.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item