Manajemen Risiko Pemasaran Produk Siomay Khas Malang Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Failure Modes And Effect Analysis (Fuzzy Fmea) Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Ukm Yamois Oma Ikan, Malang)

Ulum, Ahmad Shokhibul (2019) Manajemen Risiko Pemasaran Produk Siomay Khas Malang Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Failure Modes And Effect Analysis (Fuzzy Fmea) Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Ukm Yamois Oma Ikan, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini, kemajuan dan perkembangan teknologi telah banyak mengubah gaya hidup dan pola pikir masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya khususnya pada kebutuhan pangan. Hal ini menjadikan peluang bagi produsen untuk menciptakan keragaman produk pangan yang diminati masyarakat. Namun dalam kenyataannya, berbagai kendala berupa tingginya tingkat risiko-risiko membutuhkan penanganan yang tepat, khususnya risiko pemasaran. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan pada pemasaran produk siomay pada salah satu UKM di Kota Malang yaitu UKM Yamois Oma Ikan. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan untuk mentukan risiko tertinggi yaitu metode Fuzzy Failure Modes and Effect Analysis (Fuzzy FMEA). Hasil perhitungan tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam menentukan alternatif strategi Mitigasi Risiko dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini menggunakan 2 responden pakar yang terdiri dari pemilik UKM dan manajer UKM. Hasil teridentifikasi diperoleh 3 risiko dengan nilai FRPN tertinggi yaitu risiko konsumen yang kurang mengenal produk dengan FRPN (4,078), risiko selera konsumen berubah dengan milai FRPN (3,862) dan risiko munculnya pesaing dengan nilai FRPN (3,683). Hasil analisis perhitungan alternatif strategi mitigasi risiko pemasaran produk siomay diperoleh 3 rekomendasi alternatif yaitu alternatif strategi meningkatkan promosi (0,427) untuk alternatif kriteria risiko konsumen kurang mengenal produk, alternatif strategi membuat inovasi produk sesuai dengan keinginan konsumen (0,432) untuk alternatif kriteria risiko selera konsumen beruah, dan alternatif strategi perbaikan kualitas produk (0,597) untuk alternatif kriteria risiko munculnya pesaing.

English Abstract

At this time, advances and developments in technology have greatly changed the lifestyle and mindset of the people to meet their daily needs, especially on food needs. This makes an opportunity for producers to create a variety of food products that are of public interest. But in reality, various obstacles in the form of high levels of risks require appropriate handling, especially marketing risks. In this study, improvements were made to the marketing of siomay products in one UKM in Malang, namely Yamois Oma Ikan UKM. This study uses the method used to determine the highest risk, the Fuzzy Failure Modes and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) method. The results of these calculations will be used as a basis for determining alternative risk mitigation strategies using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. This study uses 2 expert respondents consisting of UKM owners and UKM manager. The identified results obtained are 3 risks with the highest FRPN value, namely the risk of consumers who are less familiar with FRPN products (4,078), the risk of consumer tastes changing with FRPN milai (3,862) and the risk of the emergence of competitors with FRPN value (3,683). The results of the analysis of the calculation of alternative risk mitigation strategies for the marketing of siomay products obtained 3 alternative recommendations namely alternative strategies to increase promotion (0.427) for alternative risk criteria for consumers not familiar with products, alternative strategies for making product innovations in accordance with consumer desires (0.432) , and alternative product quality improvement strategies (0.597) for alternative risk criteria for the emergence of competitors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/105/052002367
Uncontrolled Keywords: Siomay, Manajemen Risiko, Fuzzy, FMEA, AHP, Pemasaran, UKM Yamois Oma Ikan, Siomay, Risk Management, Fuzzy, FMEA, AHP, Marketing, UKM Yamois Oma Ikan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:47
Last Modified: 21 Oct 2021 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180490
[thumbnail of Ahmad Shokhibul Ulum (2).pdf] Text
Ahmad Shokhibul Ulum (2).pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (52kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (19kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item