Pengembangan Gim Edukasi Mengetik Menggunakan Metode Touch-Typing Untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik

Pamengas, Muhammad Wahyu (2020) Pengembangan Gim Edukasi Mengetik Menggunakan Metode Touch-Typing Untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemampuan mengetik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki di zaman modern. Menurut Norb Winslow, rata-rata kecepatan mengetik orang dewasa (yang tergolong pemula) adalah 30 WPM, sementara kecepatan rata-rata mengetik untuk mereka yang cukup sering menggunakan kibor (intermediate) adalah 40 WPM. Masalahnya, kecepatan minimum mengetik untuk bekerja secara efisien setidaknya harus mencapai 40 WPM. Salah satu cara meningkatkan kecepatan mengetik adalah dengan mempraktikan teknik touch-typing. Touch-typing adalah teknik mengetik “tanpa melihat”, fokus pengetik tetap ke sumber bacaan disaat yang bersamaan jari-jari pengetik menekan tombol-tombol huruf pada kibor. Pengguna teknik ini menggunakan muscle memory untuk mengetahui posisi setiap tombol yang ada pada kibor. Dengan teknik ini, pengetik tidak perlu melihat kibor selama mengetik, sehingga kecepatan mengetik menjadi lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi yang dapat membantu meningkatkan kecepatan mengetik dengan mempraktikkan teknik touch-typing. Gim dikembangkan menggunakan model DGBL-ID dan metode drill (latihan). Pengujian dilakukan dengan mengobservasi tiga responden yang telah dipilih menggunakan convenience sampling. Hasil analisis pengujian menunjukkan terdapat dampak positif penggunaan gim terhadap kecepatan mengetik pemain.

English Abstract

Typing skill is an important ability to have in modern times. According to Norb Winslow, the average typing speed of adults (classified as beginners) is 30 WPM, while the average typing speed for those who use the keyboard quite often (intermediates) is 40 WPM. The problem is, the minimum typing speed required for efficient work is 40 WPM. One way to increase typing speed is by practicing touch-typing techniques. The typist's focus remains on the reading source and at the same time typing it. Users of this technique use muscle memory to determine the position of each key on the keyboard. With this technique, the typist does not need to look at the keyboard when typing, so the typing speed becomes faster. This research aims to develop an educational game that can help improve typing speed. The game is developed using the DGBL-ID model and the drill method is used as a learning method in the game. Testing is done by observing three respondents who have been selected using convenience sampling. The results of the test analysis show that there is a positive impact of the use of game on player’s typing speed.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/20/052002982
Uncontrolled Keywords: kecepatan mengetik, touch-typing, metode drill, gim edukasi, DGBL-ID, typing speed, touch-typing, drill method, educational game, DGBL-ID
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:49
Last Modified: 18 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180477
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Wahyu Pamengas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item