Manajemen Risiko Pemasaran Dengan Metode Fuzzy Fmea (Failure Modes And Effect Analysis) Dan Ahp (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Di Ukm Putra Ridhlo, Malang–Jawa Timur)

Hidayatulloh, Azizi Agam (2019) Manajemen Risiko Pemasaran Dengan Metode Fuzzy Fmea (Failure Modes And Effect Analysis) Dan Ahp (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Di Ukm Putra Ridhlo, Malang–Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM Putra Ridhlo adalah salah satu produsen yang bergerak di bidang pengolahan dan pemasaran kripik tempe. UKM ini terletak di Kota Malang, Jawa Timur. UKM ini memproduksi kripik tempe dengan 23 varian rasa. Pemasaran UKM Putra Ridhlo dilakukan dengan cara offline yaitu melakukan pendirian toko atau outlet, melakukan promosi kepada masyarakat sekitar dan beberapa angota keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengetahui risiko kritis pemasaran kripik tempe pada UKM Putra Ridhlo dan menentukan strategi yang digunakan untuk menangani, mencegah dan mengurangi risiko pemasaran di UKM Putra Ridhlo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini menggunakan 2 responden pakar. Pada perhitungan Fuzzy FMEA didapatkan nilai FRPN tertinggi pada setiap variabel. Pada variabel produk ialah Kemasan produk tidak terlihat praktis dan menarik dengan nilai 6,41; pada variabel price yaitu penjualan yang fluktuatif dengan nilai 6,59; pada variabel promotion yaitu sistem promotion yang sederhana dengan nilai 5,59; dan variabel place yaitu tempat yang sulit dijangkau, 6,63. Pada hasil perhitungan dengan menggunakan metode AHP didapatkan empat strategi mitigasi risiko. Empat strategi yang didapat untuk upaya meminimalkan risiko yang ada ialah inovasi kemasan dengan nilai 0,47; diskon dengan nilai 0,50; membuat media sosial dengan nilai 0,54; dan penambahanviii mitra sebesar 0,39. Pada alternatif tersebut diharapkan dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan keuntungan pada UKM Putra Ridhlo di pasaran

English Abstract

UKM Putra Ridhlo is one of the producers engaged in the processing and marketing of tempe chips. This UKM is located in Malang City, East Java. This UKM produces tempeh chips with 23 flavors. Marketing of Putra Ridhlo UKM is carried out offline by establishing shops or outlets, promoting the surrounding community and some family members. The purpose of this study is to identify and identify the critical risk of tempe chips marketing in Putra Ridhlo UKM and determine the strategies used to handle, prevent and reduce marketing risk in Putra Ridhlo UKM. The methods used in this study are Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) and Analytical Hierarchy Process (AHP). This study uses 2 expert respondents. In the calculation of Fuzzy FMEA obtained the highest FRPN value on each variable. In the product variable is product packaging does not look practical and attractive with a value of 6.41; the price variable is fluctuating sales with a value of 6.59; the promotion variable is a simple promotion system with a value of 5.59; and place variables, which are places that are difficult to reach, 6.63. In the results of calculations using the AHP method, four risk mitigation strategies are obtained. Four strategies obtained to minimize the risk are packaging innovation with a value of 0.47; discount with a value of 0.50; make social media with a value of 0.54; and the addition of partners of 0.39. The alternative is expected to minimize risks and increase profits in Putra Ridhlo UKM in the market

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/8/052002336
Uncontrolled Keywords: Kripik tempe, Risiko Pemasaran, Strategi Mitigasi, Fuzzy FMEA (Failure Modes and Effect Analysis), dan AHP(Analitycal Hierarchy Process), Tempeh chips, Marketing risk, Mitigation strategy, Fuzzy FMEA (Failure Modes and Effect Analysis), dan AHP(Analitycal Hierarchy Process)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:51
Last Modified: 21 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180438
[thumbnail of AZIZI AGAM HIDAYATULLOH (2).pdf] Text
AZIZI AGAM HIDAYATULLOH (2).pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (55kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (20kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (5kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item