Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Animasi Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa SMPN 1 Tumpang, Kabupaten Malang

Handoyo, Siswo Margo (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Animasi Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa SMPN 1 Tumpang, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mencuci tangan menggunakan sabun yang dipraktikkan dengan benar merupakan cara paling efektif dan termudah untuk mencegah terjadinya penyakit seperti diare, kolera, ISPA, Cacingan, dan Flu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video animasi terhadap perilaku mencuci tangan pada siswa SMPN 1 Tumpang. metode quasi-eksperiment dengan pendekatan non equivalent control group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tumpang pada tanggal 17 Oktober 2019 sampai dengan 30 Oktober 2019. Sampel pada penelitian ini sejumlah 30 responden kelompok perlakuan menggunakan media animasi dan 30 responden kelompok kontrol menggunakan poster. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon dikarenakan sebaran data tidak normal dan uji beda menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan media animasi dan poster sebagai kelompok kontrol sama-sama meningkatkan perilaku mencuci tangan siswa dengan hasil yang signifikan. Hasil uji beda dengan mann-whitney terhadap perilaku pada kelompok perlakuan dengan media animasi dan kelompok kontrol menggunakan media poster didapatkan hasil p=0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat pengaruh signifikan pendidikan kesehatan menggunakan media animasi terhadap perilaku mencuci tangan siswa SMPN 1 Tumpang. Media animasi terbukti dapat digunakan sebagai media yang efektif dalam promosi kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di SMP terutama cuci tangan.

English Abstract

Washing hands with soap that is practiced correctly are the most effective and easiest way to prevent the occurrence of diseases such as diarrhea, cholera, ARI, intestinal worms, and flu. This study aims to determine the effect of health education using animated videos on handwashing behavior in SMPN 1 Tumpang students. a quasi-experimental method with a non-equivalent control group pre-test post-test design approach. This research was conducted at SMPN 1 Tumpang on October 17, 2019, until October 30, 2019. Samples in this study were 30 respondents treatment groups using animation media and 30 respondents control group using posters. Data analysis uses the Wilcoxon test because the data distribution is not normal and the different test uses the Mann-Whitney test. The results of this study found that the use of animated media and posters as a control group together improved students' handwashing behavior with significant results. Different test results with Mann-Whitney on behavior in the treatment group with animation media and the control group using poster media obtained p = 0,000 (p <0.05), which means there is a significant influence of health education using animation media on the behavior of washing hands of students of SMPN 1 Tumpang. Animation media is proven to be used as an effective media in health promotion and to improve clean and healthy behavior in junior high schools, especially hand washing.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/513/052001430
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan,media animasi, perilaku mencuci tangan, health education, animation media, handwashing behavior
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:56
Last Modified: 19 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180383
[thumbnail of Siswo Margo Handoyo.pdf]
Preview
Text
Siswo Margo Handoyo.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item