Hubungan Pola Bermain game pada Gawai Dengan Tingkat Agresifitas Pada Anak Usia Prasekolah (5-6 tahun) di TK Muslimat NU 8 Kota Malang Tahun 2019.

Rohmah, Ainur (2019) Hubungan Pola Bermain game pada Gawai Dengan Tingkat Agresifitas Pada Anak Usia Prasekolah (5-6 tahun) di TK Muslimat NU 8 Kota Malang Tahun 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola bermain game dinilai dari tiga komponen yaitu jenis, frekuensi dan durasi. Pola bermain yang tidak sesuai pada anak usia dini dapat menyebabkan anak kecanduan dimana usia dini merupakan usia emas anak dalam masa tumbuh kembangnya. Selain itu dapat memberikan efek pada kesehatan anak diantaranya tulang dan mata terganggu, gangguan tidur, suka menyendiri dan obesitas. Selain mengalami gangguan pada kesehatan anak dengan pola bermain game yang tidak sesuai berpotensi mengalami penyimpangan perkembangan dimana salah satu penyimpangan perkembangan tersebut adalah perilaku agresif atau agresifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat agresifitas pada anak usia prasekolah (5-6 tahun) di TK Muslimat NU 8 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan observasional dengan desain analisis korelatif danmetode crosssectional. Pengambilan sampel menggunakan cara total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Alat ukur yang digunakan antara lain Kuisioner Pola Bermain game pada Gawaiuntuk pola bermain game dan kuesionerPSBS-T = Preschool Social Behavior Scale- Teacher form untuk tingkat agresifitas. Analisis statistik dengan uji korelasi Spearman dan didapatkan hasil antara lain p-value pertama adalah 0,098>0,05 atau tidak ada hubungan signifikan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat agresifitas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pola bermain game pada gawai dengan tingkat agresifitas pada anak usia prasekolah. Untuk orang tua disarankan agar mengontrol dan mendampingi anak saat bermain game serta untuk penelitian selanjutnya dengan topik ini dapat menggunakan metode penelitian yang lain.

English Abstract

The pattern of playing a game is assessed from three components namely type, frequency and duration.Play patterns that are not appropriate in early childhood can cause children addicted where early age is the golden age of children in their growth and development. Moreover, it can have an effect on children's health including disturbed bones and eyes, sleep disorders, aloof and obesity. In addition to experiencing interference with the health of children with inappropriate game play patterns, there is the potential to experience developmental deviations where one of the developmental deviations is aggressive or aggressive behavior. This study aims to determine the relationship between game play patterns in devices and the level of aggressiveness in preschool children (5-6 years) in Muslimat NU 8 Kindergarten, Malang. The study design used was observational with a correlative analysis design and cross sectional method. Sampling using a total sampling method with a total sample of 57 respondents. Measuring instruments used include the Game Play Pattern Questionnaire for Gadget for game play patterns and the PSBS-T = Preschool Social Behavior Scale-Teacher questionnaire for the level of aggressiveness. Statistical analysis with the Spearman correlation test and the results obtained include the first p-value is 0.098> 0.05 or there is no significant correlation between game play patterns on the device with the level of aggressiveness. The conclusion of this study is that there is no significant corelation between the pattern of playing games in a device with the level of aggressiveness in preschoolers. Parents are advised to control and accompany children when playing games and for further research on this topic can use other methode for research.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/478/052001379
Uncontrolled Keywords: Pola bermain game, Gawai, Agresifitas, Anak Prasekolah, Game play patterns, Gadget, Aggressiveness, Preschoolers
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development > 612.650 19 Child development--Psychological aspects
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 25 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180303
[thumbnail of Ainur Rohmah.pdf]
Preview
Text
Ainur Rohmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item