Hubungan antara Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SDK Sang Timur Malang.

Roemahlaiselan, Sindy Olivia (2019) Hubungan antara Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SDK Sang Timur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bullying merupakan fenomena global. Salah satu faktor terjadinya bullying adalah fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SDK Sang Timur Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner perilaku bullying (Sejiwa) dan kuesioner fungsi afektif keluarga (Family Assessment Device/FAD). Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 44 siswa dengan karakteristik berusia 10-12 tahun. Hasil pada penellitian ini adalah fungsi afektif keluarga dalam kategori cukup dan perilaku bullying dalam kategori rendah. Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SDK Sang Timur Malang (uji Spearman Rank, p=0.002). Saran untuk penelitian ini yaitu dapat dijadikan terapi konseling kelompok pada keluarga untuk memberikan konsep fungsi afektif keluarga yang baik sehingga dapat mengurangi angka kejadian perilaku bullying. Terapi ini dapat diterapkan saat melakukan intervensi di sekolah pada saat mahasiswa melakukan praktik keperawatan jiwa dalam komunitas dengan memberikan solusi mengenai perilaku bullying dan dalam komunitas keluarga dengan memberikan penyuluhan mengenai fungsi afektif keluarga kepada keluarga.

English Abstract

Bullying is a global phenomenon. One of the factors the bullying is a function of affective family. This study attempts to analyze the relationship between function affective family behavior bullying at school age children in SDK Sang Timur Malang. This research used the cross sectional. A measuring instrument used namely the questionnaire behavior bullying (Sejiwa) and questionnaire function affective families (Family Assessment Device/FAD). The total sample to research is 44 students with characteristic aged 10-12 years .This is a function penellitian outcomes affective family in the category of moderate and low in the category of bullying behavior. Bivariat analysis shows that there was a correlation between the affective family with the behavior bullying in school age children in the SDK Sang Timur Malang (Spearman Rank test, p = 0.002). Advice for research is to provide counseling groups in family therapy to give the function affective a good family so as to diminish incidence bullying behavior. Therapy can be applied when intervened in school when students are doing practice nursing soul in communities with provide solutions on behavior bullying and family within the community to provide information on the functions affective family to family.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/466/052001343
Uncontrolled Keywords: fungsi afektif keluarga, perilaku bullying, anak usia sekolah-function of affective family, behavior of bullying, school age children
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development > 612.650 19 Child development--Psychological aspects
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 22 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180296
[thumbnail of MAJALAH_SINDY OLIVIA R_155070201111012.pdf]
Preview
Text
MAJALAH_SINDY OLIVIA R_155070201111012.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Sindy Olivia Roemahlaiselan.pdf]
Preview
Text
Sindy Olivia Roemahlaiselan.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item