Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Tindakan Perawatan Luka Diabetes Di Rumah Sakit Dengan Di Praktik Mandiri Keperawatan.

Putri, Desy Rachma (2019) Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Tindakan Perawatan Luka Diabetes Di Rumah Sakit Dengan Di Praktik Mandiri Keperawatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Luka diabetes merupakan salah satu komplikasi diabetes yang membutuhkan perawatan, agar tidak semakin parah. Perawatan luka diabetes diperlukan oleh penderita yang mengalami luka diabetes. Perawatan luka bisa dilakukan di Rumah Sakit maupun di Praktik Mandiri Keperawatan. Keberhasilan perawatan luka diabetes dapat mempengaruhi tingkat kepuasan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien pada tindakan perawatan luka diabetes di Rumah Sakit dengan di Praktik Mandiri Keperawatan, desain yang digunakan adalah cross sectional design dengan melakukan observasi dan pemberian lembar kuesioner tingkat kepuasan pada pasien yang telah selesai dilakukan perawatan luka diabetes. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 36 pasien terdiri dari 18 pasien dirawat di rumah sakit dan 18 pasien dirawat di praktik mandiri keperawatan yang telah dilakukan perawatan luka diabetes minimal selama seminggu dengan menggunakan teknik Consecutive Sampling. Hasil uji Chi Square menunjukkan adanya perbedaan dengan p-value (0,001) < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan tingkat kepuasan pasien pada tindakan perawatan luka diabetes di Rumah Sakit dengan di Praktik Mandiri Keperawatan. Hasil tersebut menjelaskan komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat dalam menyampaikan informasi sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien dikarenakan perawat merupakan kunci yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien, faktor lain yang mempengaruhi kepuasan adalah rasa peduli dan simpati, dimana terdapat korelasi antara perilaku caring dengan kepuasan pelanggan. Sebaiknya perawat di Rumah Sakit lebih menerapkan konsep caring perawat agar dapat meningkatkan kepuasan pasien.

English Abstract

Diabetic foot ulcers is one of the complications of diabetes that requires treatment, so it does not get worse. Diabetes wound care is needed by patients who have diabetic foot ulcers. Wound care can be done at the Hospital or in the Independent Nursing Practices. The success of diabetes wound care can affect the level of satisfaction of each user of health services. The purpose of this study was to determine differences in the level of patient satisfaction in diabetes wound care at the Hospital with Nursing Independent Practice, the design used was cross sectional design by observing and giving questionnaire of satisfaction levels for patients who had finished treating diabetes wounds. The number of respondents in this study were 36 patients who had been treated for diabetes wound for a minimum of a week using the Consecutive Sampling technique. The result of Chi Square test showed a difference with p-value (0.001) <α (0.05). The results showed that there was a significant difference in the level of patient satisfaction with diabetes wound care at the hospital with Nursing Independent Practice. These results explain therapeutic communication by nurses in conveying information that is very important to patient satisfaction because nurses are the key that can influence patient satisfaction, other factors that affect satisfaction are caring and sympathy, as needed because they care about patient care. Nurses in hospitals should apply the concept of caring nurses in order to increase patient satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/474/052001375
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Tindakan Perawatan Luka Diabetes-Level of Satisfaction, Treatment of Diabetes Wound Care
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:06
Last Modified: 22 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180219
[thumbnail of Desy Rachma Putri.pdf]
Preview
Text
Desy Rachma Putri.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of MAJALAH_Desy Rachma Putri_135070218113012.pdf]
Preview
Text
MAJALAH_Desy Rachma Putri_135070218113012.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item