Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan 4-D

Damayanti, Rizka Hikma (2019) Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan 4-D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada SMK Negeri 2 Malang terdapat beberapa program keahlian, salah satunya yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Dimana siswa dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ini diberikan bekal keterampilan di bidang perawatan komputer, jaringan, administrasi jaringan, dan web design. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran diantaranya yaitu pada 5 tahun terakhir nilai yang dihasilkan siswa cenderung rendah karena sebagian besar siswa terlalu merendahkan guru dan itu menyebabkan rendahnya minat belajar siswa, siswa merasa bosan saat mengikuti mata pelajaran, dan pada saat pembelajaran berlangsung kelas tidak terlalu kondusif. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa tidak diberikan modul, guru melakukan metode ceramah dengan menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa E-Modul. Melalui E-Modul diharapkan dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa tentang materi yang disampaikan. Pengembangan E-Modul dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, kuesioner dan pemberian tes. Berdasarkan hasil kuesioner uji validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa E-Modul dinyatakan valid dan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata secara keseluruhan dari ahli materi sebesar 98,96% yang berarti media pembelajaran telah sangat baik atau sangat valid. Persentase yang didapat setelah melakukan uji validasi ahli media yaitu sebesar 80,00% yang berarti media pembelajaran telah sangat baik atau sangat valid. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 31 siswa memiliki rata-rata sebesar 50,45 dan rata-rata nilai post-test sebesar 91,74. Selain itu, hasil uji-t yang telah dilakukan memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Nilai pre-test dan post-test siswa juga menunjukkan kenaikan nilai yang signifikan. Dari hasil analisis yang didapat, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa E-Modul yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

English Abstract

At SMK 2 Malang there are several expertise programs, one of which is Computer and Network Engineering. Where students with Computer and Network Engineering expertise programs are provided with skills in the areas of computer maintenance, networking, network administration, and web design. Based on the results of observations, there are several problems in learning including the last 5 years the scores generated by students tend to be low because most students underestimate the teacher and that causes low student interest in learning, students feel bored when following subjects, and when learning takes place class not too conducive. When learning takes place students are not given a module, the teacher uses the lecture method using learning media in the form of PowerPoint. One solution that can be applied to deal with these problems is by developing learning media in the form of E-Module. It is hoped that the E-Module can motivate and attract students' attention about the material presented. E-Module development can be done using 4-D development model. Data collection techniques used were interviews, questionnaires and tests giving. Based on the results of the validation test of material expert and media expert, the learning media developed in the form of E-Module were declared valid and were suitable for use in the learning process with an overall average percentage of material expert of 98.96%, which meant that the learning media had been very good or very valid. The percentage obtained after conducting the validation test of media expert is equal to 80.00% which mean the learning media has been very good or very valid. The results of the pre-test conducted by 31 students had an average of 50.45 and an average post-test score of 91.74. In addition, the results of the t-test that were carried out obtained a significance value of less than 0.05 which is equal to 0,000. Student pre-test and post-test scores also showed a significant increase in grades. From the results of the analysis obtained, it can be concluded that the learning media in the form of E-Modules that have been developed are effectively used in the learning process.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/732/052001229
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, E-Modul, 4-D model, sistem komputer, sekolah menengah kejuruan
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2020 13:25
Last Modified: 31 Jul 2020 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179762
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item