Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing Perah Peranakan Etawah (PE) (Studi Kasus di UD. Madukara Bumiaji Kota Batu)

Andrianto, Deni (2019) Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing Perah Peranakan Etawah (PE) (Studi Kasus di UD. Madukara Bumiaji Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu usaha ternak yang mengalami peningkatan terbesar adalah ternak kambing Peranakan Etawa (PE). Kambing PE merupakan ternak yang dapat menghasilkan susu sekaligus daging atau biasa disebut sebagai ternak dwiguna. Saat ini susu kambing dikenal masyarakat mempunyai khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit sehingga permintaan pasar menjadi cukup tinggi. Untuk dapat menjaga eksistensi dan berjalan seimbang dengan permintaan pasar, maka setiap perusahaan harus memiliki alternatif strategi untuk kelangsungan perusahaan. Strategi tersebut dapat diambil dari cara memanfaatkan kekuatan serta peluang yang dimiliki dan meminimalisir kelemahan dan ancaman perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi oleh UD. Madukara Bumiaji Kota Batu, merumuskan strategi pengembangan usaha ternak kambing PE untuk diterapkan pada UD. Madukara Bumiaji Kota Batu, serta menentukan prioritas strategi terbaik dalam pengembangan usaha ternak kambing PE pada UD. Madukara Bumiaji Kota Batu. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi pemilik usaha ternak kambing PE mengenai strategi pengembangan usaha yang tepat untuk keberlangsungan usaha. Penelitian ini dilaksanakan di peternakan Kambing PE UD. Madukara Bumiaji Kota Batu pada tanggal 12 Mei sampai 9 Juni 2019. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan cara pengambilan data berupa observasi wawancara menggunakan kuisioner terstruktur. Pengambilan sampel responden dalam penelitian dilakukan secara purposive sampling. Analisi data menggunakan analisis matriks IFE dan matriks EFE, analisis matriks IE, analisis matriks SWOT, dan analisis matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor internal yang didapat yaitu faktor kekuatan yang dimiliki oleh UD. Madukara adalah menjaga kualitas produksi susu yang dihasilkan, pembagian tugas dan tanggung jawab karyawan yang jelas, ketersediaan lahan yang luas, memberikan pelayanan yang bagus kepada pelanggan dan konsumen, terlibatnya perusahaan dalam acara pameran tahunan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Batu. Sedangkan beberapa faktor kelemahan yang dimiliki UD. Madukara diantaranya meliputi jumlah kambing periode laktasi yang masih sedikit, kualitas sumber daya manusia kurang memadai, pemanfaatan sosial media dalam pemasaran yang kurang efektif, pengelolaan limbah (kotoran) kambing kurang optimal. Faktor eksternal yang dimiliki UD. Madukara yaitu untuk faktor peluang yang dimiliki adalah adanya pelanggan tetap yang mengambil susu kambing, luasnya pangsa pasar yang belum dimasuki, respon masyarakat sekitar. Sedangkan beberapa faktor ancaman UD. Madukara adalah Banyaknya usaha peternakan kambing PE di area sekitar, masuknya pesaing yang berasal dari luar Kota Batu dengan populasi kambing lebih banyak. Analisis matriks IE diketahui bahwa UD. Madukara masuk dalam kuadaran V dengan alternatif strategi yang tepat berupa pertahankan dan pelihara (hold and maintain). Dalam kondisi tersebut, UD. Madukara memiliki dua strategi yang dapat digunakan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh enam alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh UD. Madukara yaitu 1) penetrasi pasar melalui penambahan populasi kambing masa laktasi untuk meningkatkan produksi susu 2) menambah konsumen atau pelanggan dengan memanfaatkan keikutsertaan peternakan dalam pameran tahunan 3) memaksimalkan pengolahan limbah (kotoran) agar dapat dimanfaatkan dan dipromosikan kepada pelanggan tetap untuk menambah pendapatan 4) meningkatkan kualitas produksi ternak untuk dapat bersaing dengan peternakan kambing di area sekitar 5) memaksimalkan perawatan ternak secara intensif agar tidak ada ternak yang sakit dan mampu bersaing dengan peternak kambing yang berasal dari luar Kota Batu 6) mengefektifkan pemanfaatan sosial media agar menjangkau berbagai sektor pemasaran dan mampu bersaing. Enam alternatif strategi berdasarkan hasil analisis SWOT tersebut kemudian dianalisis menggunakan matriks QSPM untuk menentukan alternatif strategi yang menjadi prioritas. Alternatif strategi yang menjadi prioritas utama adalah 1) penetrasi pasar melalui penambahan populasi kambing periode laktasi untuk meningkatkan produksi susu 2) memaksimalkan pengolahan limbah (kotoran) agar dapat dimanfaatkan dan dipromosikan kepada pelanggan tetap untuk menambah pendapatan 3) memaksimalkan perawatan ternak secara intensif agar tidak ada ternak yang sakit dan mampu bersaing dengan peternak kambing yang berasal dari luar Kota Batu 4) meningkatkan kualitas produksi ternak untuk dapat bersaing dengan peternakan kambing di area sekitar 5) menambah konsumen atau pelanggan dengan memanfaatkan keikutsertaan peternakan dalam pameran tahunan 6) mengefektifkan pemanfaat sosial media agar menjangkau berbagai sektor pemasaran dan mampu bersaing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prioritas strategi yang didapatkan untuk pengembangan perusahaan peternakan kambing PE UD. Madukara adalah penetrasi pasar melalui penambahan populasi kambing periode laktasi untuk meningkatkan produksi susu dan memaksimalkan pengolahan limbah (kotoran) agar dapat dimanfaatkan dan dipromosikan kepada pelanggan tetap untuk menambah pendapatan. disarankan untuk menambah populasi kambing terutama kambing periode laktasi untuk menambah produksi susu dan mulai berinovasi untuk pengolahan limbah (kotoran) agar bisa dijual untuk menambah pendapatan.

English Abstract

The research was conducted on Mey 12th until June 9th, 2019. The objective of this research were to 1) analyze the internal factors and external factors faced by UD. Madukara Bumiaji Batu City, 2) to formulate a strategy for developing a dairy goat business at UD. Madukara Bumiaji Batu City, and 3) to determine the priority of the best strategy in developing the Etawa goat business in UD. Madukara Bumiaji Batu City. The research method used were case study. The data were collected by interviews with structured questionnaire, direct observation and documentation techniques. Data were analyzed by using a matrix of Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE), Internal-External (IE) matrix, SWOT analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) analysis. The results of the study showed that UD. Madukara was in quadrant five with an alternative strategy hold and maintain. Based on the analysis of internal and external factors using SWOT analysis obtained six alternative strategies that can be applied by UD. Madukara, are as follow 1) market penetration through the addition of lactation period goats to increase milk production. 2) increase customers by utilizing livestock participation in annual exhibitions. 3) maximize processing of sewage that can be utilized and promoted to regular customers. 4) improve the quality of livestock production to be able to compete with goat farms in the surrounding area. 5) maximize intensive care of livestock so there’s no sick and able to compete with goat who come from outside Batu City. 6) The effective use of social media to reach various marketing sectors and able to compete. In addition, the best priority of strategy was market penetration through the addition of lactation period goats to increase milk production.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/657/052001672
Uncontrolled Keywords: IFE, EFE matrix analysis, IE matrix, SWOT analysis, QSPM matrix analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.3 Sheep and goats > 636.39 Goats
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:51
Last Modified: 10 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179755
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item