Perbaikan Antarmuka Aplikasi Jurnalisme Positif dengan Menerapkan Metode Human Centered Design untuk Pengguna Golongan Tua (Studi Kasus: Times Indonesia)

Nastiti, Atikah Febrianti (2019) Perbaikan Antarmuka Aplikasi Jurnalisme Positif dengan Menerapkan Metode Human Centered Design untuk Pengguna Golongan Tua (Studi Kasus: Times Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Jurnalisme Positif (AJP) merupakan aplikasi mobile Android yang berfungsi dalam penulisan berita bagi para jurnalis dan masyarakat umum untuk kategori usia 15 tahun — diatas 50 tahun. Sebagai pengelola AJP, Times Indonesia bertujuan untuk membuat masyarakat umum dapat berkontribusi dalam menulis berita sesuai fakta untuk mengurangi berita negatif melalui aplikasi tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pengguna dengan usia diatas 50 tahun atau disebut dengan golongan tua ketika berinteraksi dengan antarmuka aplikasi. Permasalahannya adalah pengguna tidak mampu mencapai tugas dasar dari fitur aplikasi, membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama, serta tidak familiar dengan tampilan aplikasi. Sehingga, perbaikan antarmuka diperlukan dengan tujuan untuk menghasilkan desain solusi bagi golongan tua serta meningkatkan usability AJP. Pada penelitian ini, permasalahan terkait usability tersebut diselesaikan dengan metode Human Centered Design (HCD). Metode HCD berdasarkan ISO 2010 memiliki 4 tahap anatar lain analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Evaluasi pada penelitian ini dilakukan dengan menguji aspek effectiveness, efficiency, satisfaction dan learnability. Selain itu, penelitian ini juga menerapkan aspek familiarity dimensi symbolic dan actionable. Tujuan penerapan aspek tersebut adalah membantu golongan tua agar lebih terbuka dan nyaman ketika berada pada kondisi yang familiar untuk menggunakan teknologi baru. Evaluasi perbaikan ini dilakukan pada 5 partisipan golongan tua. Hasil dari evaluasi antarmuka yang dilakukan oleh peneliti adalah ditemukan 8 kendala secara umum dan 10 desain solusi. Selain itu, setelah penerapan metode HCD dan aspek familiarity dalam desain tersebut, terjadi peningkatan pada aspek effectiveness dari 77% dibawah standar menjadi 100%, aspek efficiency dari 69,87% pengguna efektif yang berhasil menjadi 100%, dan aspek satisfaction dari 76,75% pengguna puas menjadi 91,8% pengguna sangat puas. Aspek learnability ikut meningkat seiring dengan meningkatnya usability

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/516/052002807
Uncontrolled Keywords: human centered design, antarmuka, aplikasi jurnalisme, golongan tua, usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 070 Documentary media, educational media, news media; journalism; publishing > 070.4 Journalism
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2020 13:05
Last Modified: 31 Jul 2020 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179734
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item