Penerapan Pasal 8 Ayat 1 Huruf E Dan Pasal 62 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Peredaran Jajanan Anak Yang Tidak Bermutu (Studi Kasus Dinas Kesehatan Dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Malang)

Hamdan, Irwan Purwadi (2017) Penerapan Pasal 8 Ayat 1 Huruf E Dan Pasal 62 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Peredaran Jajanan Anak Yang Tidak Bermutu (Studi Kasus Dinas Kesehatan Dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasal 8 Ayat 1 Huruf E dan Pasal 62 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengatur tentang hal yang dilarang bagi apara pelaku usaha dan sanksi pidana apabila melanggar ketentuan tersebut. Dinas Kesehatan dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen berkewajiban untuk memberikan pembinaan dan pengawasan kepada para pelaku usaha tersebut. Penerapan pasal 8 ayat 1 huruf e dan pasal 62 tersebut menjadi penting untuk diteliti karena semakin banyaknya para pedagang kaki lima di daerah kota Malang. Selain penerapannya, penting juga untuk meneliti tentang faktor-faktor dan upaya pihak Dinas Kesehatan dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan pasal 8ayat 1 huruf e dan pasal 62 tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian di Kota Malang, data primer dan data sekunder didapat dari Dinas Kesehatan Kota Malang dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pasal 8 ayat 1 huruf e dan pasal 62 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait peredaran jajanan anak yang tidak bermutu masih belum maksimal, dikarenakan masih banyak para pedagang kaki lima yang belum mempunyai surat layak sehat dan pergerakan para pedagang kaki lima yang tinggi membuat Dinas Kesehatan kesusahan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan. Selain itu, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen mengakatakan kurangnya sarana dan prasarana dalam menentukan kadar makanan yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/458/052002787
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 30 Aug 2020 16:55
Last Modified: 02 Oct 2020 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179701
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item