Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Peternakan Kuda Megastar Batu Jawa Timur

Pamungkas, Andre Yoga (2020) Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Peternakan Kuda Megastar Batu Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peternakan Kuda Megastar merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan olahraga sekaligus peternakan kuda sebagai inti usaha. Perusahaan ini merupakan perusahan berstandar nasional dalam menghasilkan kuda-kuda lokal dan Crossbred (keturunan persilangan) yang digunakan untuk tunggangan dalam olahraga berkuda. Pada perusahaan ini tersedia berbagai macam fasilitas yang berkaitan dengan ternak kuda seperti sekolah berkuda untuk segala umur, toko peralatan dan perlengkapan untuk berkuda serta fasilitas tambahan seperti restoran, berbagai fasilitas yaitu kebun bunga matahari dan berbagai macam ruangan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Peternakan Kuda Megastar melayani masyarakat umum dengan berbagai tujuan mulai dari keperluan berlibur, olahraga berkuda hingga penitipan kuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas dan kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh Peternakan Kuda Megastar viii Penelitian dilakukan di Peternakan Kuda Megastar yang terletak di Kawasan Jalur Lintas Barat (Jalibar) Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Dengan tujuan mengetahui pengaruh servise quality terhadap kepuasan pengunjung di Peternakan Kuda Megastar dan mengetahui antara kepuasan pengunjung terhadap niat berkunjung ulang. Responden yang dipilih adalah pengunjung Peternakan Kuda Megastar yang berumur 17 tahun ke atas dan minimal pernah berkunjung dan menggunakan jasa Peternakan Kuda Megastar sebanyak satu kali. Adapun jumlah responden yang dijadikan sampel penelitian yaitu sebanyak 80 pengunjung yang bersedia mengisi kuesioner. Penelitian dilakukan pada tanggal 20 Mei hingga 17 Juni. Data dianalisa dengan menggunakan analisis korelasi pearson dan regresi linear berganda. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif dengan menggunakan program excel. Hasil analisis diperoleh secara umum pengunjung objek wisata Peternakan Kuda Megastar sudah puas dan memberikan respon yang positif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola objek wisata berdasarkan aspek bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Indikator yang paling penting menurut pengunjung adalah daya tanggap (responsiveness) karyawan dalam memberikan informasi secara lengkap dan jelas, serta cepat dan tepat dalam melayani pengunjung. Sedangkan untuk indikator yang memiliki tingkat kepentingan adalah fasilitas serta sarana pengunjung yang tersedia saat ini perlu untuk di-upgrade seperti tempat sarana penyampaian keluhan, kritik maupun saran terhadap mutu pelayanan Peternakan Kuda ix Megastar, penampilan dan kerapihan karyawan, serta posko kesehatan untuk mengantisipasi adanya pengunjung maupun karyawan dan juga ternak kuda yang mengalami kecelakaan. Indikator kualitas pelayanan yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dengan kinerja yang rendah dan masuk ke dalam kategori prioritas utama untuk ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian yang lebih khusus dari pengelola. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah variabel pengaruh servise quality berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, kemudian didapat pula hasil bahwa variabel kepuasan pengunjung berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Saran untuk penelitian ini diharapkan perusahaan dapat menjaga item kualitas pelayanan yang sudah baik, yaitu dimensi tangible, responsiveness, assurance, dan empathy. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain yang memperngaruhi kepuasan pengunjung seperti pengorbanan waktu, harga dan jarak yang di tempuh untuk mencapai lokasi wisata.

English Abstract

The aim of the research is to identify the influence of service quality and facilities on consumer satisfaction. The population in this research is consumers of The Megastar Horse Farm in Batu, East Java. The researcher were 80 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. The research utilized multiple linear regression, F- test, and t-test for data analysis. The result of this research indicates that service quality and facilities simultaneously influence the consumer satisfaction at The Megastar Horse Farm in Batu, East Java. Service quality and facilities partially influence at The Megastar Horse Farm in Batu, East Java. The results showed that the facilities and service quality had a effect on the satisfaction level of visitors with the coefficient of determination obtained R square value of 0.772 a large influence on the variable satisfaction caused by the variable physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy of 77.2 percent, the magnitude of the effect on the satisfaction variable caused by other factors amounted to 22.8 percent. The conclusion servise and facility quality variables together affect visitor satisfaction. The variable of visitor satisfaction influences the intention of visiting again.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/727/052001742
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Facilities, and Customer Satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:58
Last Modified: 10 Aug 2020 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item