Perancangan Game Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris Berbasis Pengenalan Suara

Ahmad, Fikri Ihsan (2019) Perancangan Game Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris Berbasis Pengenalan Suara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa seluruh negara di dunia dalam posisinya sebagai lingua franca global. Indonesia harus menempatkan bahasa Inggris pada posisi yang sangat penting dan urgen sebagai global player, agar dapat lebih bersaing pada persaingan pasar internasional. Edukasi Bahasa Inggris di Indonesia sudah dilakukan sejak SD, tapi pemebalajaran hanya fokus kepada penguasaan kosa kata dan tatabahasa, tanpa memperhatikan penguasaan pengucapan. Gim edukasi dapat menjadi media pembelajaran pengucapan bahasa Inggris yang interaktif, membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. International Poetic Alphabet(IPA) merupakan simbol yang dapat merepresentasikan bunyi pengucapan bahasa Inggris, digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Iterative Prototyping merupakan metode penelitian yang dipakai untuk merancang dan mengimplementasikan gim pembelajaran pengucapan bahasa Ingris, yang masing-masing dilakukan secara iterasi sampai memenuhi kebutuhan target pemain. Perancangan merupakan proses iterasi yang menghasilkan paper prototype, dari pengumpulan analisis kebutuhan terhdap target pengguna. Implementasi merupakan proses iterasi yang menghasilkan protype digital yang dapat dimainkan pada platform mobile Android, berdasarkan percancangan. Hasil dari penelitian menunjukkan gim edukasi dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan pengucapan bahasa Inggris.

English Abstract

English is the language of all countries in the world in its position as a global lingua franca. Indonesia must place English in a very important and urgent position as a global player, in order to be come more competitive in international market competition. English education in Indonesia has been conducted since elementary school, but the learning process only focuses on mastering vocabulary and grammar, without regard to mastering pronunciation. Educational games can be interactive learning media for mastering English pronunciation, making the learning process more fun and effective. International Poetic Alphabet (IPA) is a symbol that can represent the sounds of English pronunciation, for facilitate the learning process. Iterative Prototyping is a research method used to design and implement English pronunciation learning games, each will iterated to meet the needs of the target players. The design is an iteration process that produces a prototype paper, from the collection of needs analysis to the target user. The implementation is an iteration process that produces a digital prototype base on the design, that can be played on the Android mobile platform. The results of the study show that educational games can have a positive influence on English pronunciation skills.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/719/052001168
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris, pengucapan, gim, pembelajaran
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2020 12:48
Last Modified: 20 Nov 2023 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179599
[thumbnail of Fikri Ihsan ahmad (2).pdf] Text
Fikri Ihsan ahmad (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item