Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation

Fahrurrozi, Ahmad (2019) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asphalt 9: Legends merupakan game balap yang menampilkan deretan mobil-mobil super canggih untuk dimainkan dengan grafis lebih jernih. Aplikasi game Asphalt 9: Legends memiliki jumlah pengguna mencapai 10 juta, namun pada game ini ditemukan permasalahan yang diperoleh dari responden yaitu fungsi dari fitur pada game seperti Settings dan Restart yang sulit ditemukan oleh pengguna. Berdasarkan observasi oleh penulis, terdapat beberapa tipe permasalahan pada game Asphalt 9: Legendsseperti Hidden (H) yaitu kejelasan simbol yang menunjukkan fungsi fitur, serta Feedback (F) dimana sistem tidak menyediakan fungsi mode touchdrive dalam permainan sehingga tidak adanya timbal balik antara sistem dan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi interface pada game Asphalt 9: Legendsdengan menggunakan metode cognitive walkthrough dan heuristic evaluation serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan permasalahan yang muncul. Penelitian dengan metode cognitive walkthrough melibatkan 4 responden pengguna baru game Asphalt 9: Legends, sedangkan pada metode heuristic evaluation melibatkan 9 evaluator expert. Hasil penelitian dengan metode cognitive walkthrough menunjukkan bahwa game Asphalt 9: Legends memiliki cukup banyak permasalahan pada user dan hidden. Evaluasi menggunakan metode heuristic menunjukkan bahwa pada game Asphalt 9: Legends terdapat 26 permasalahan usability, dimana prinsip heuristic MA01 (Visibility of System Status) memiliki jumlah masalah paling banyak dengan persentase sebesar 30.7%, sedangkan nilai rata-rata severity rating tertinggi terdapat pada prinsip heuristic MA03 (User Control and Freedom) sebesar 2.63.

English Abstract

Asphalt 9: Legends is a racing game that shows sophisticated cars in row that play with more clear graphic. Asphalt 9: Legends has 10 millions users, but this game was found a problem from the respondent like function from the fitur such as Setting and Restart that are difficult to find for the user. Based on observation from a writer, this game has many kinds of problem such as Hidden, is a clearance symbol that shows for fitur function and Feedback, which is not serving mode touchdrive function in the game so there is no feedback between the system and users. The purpose of this observation are for evaluating interface from Asphalt 9: Legends using cognitive walkthrough and heuristic evaluation method. Cognitive walkthrough method involves 4 respondents who are new users of this game , for heuristic evaluating method involves 9 evaluator experts. The result of the cognitive walkthrough shows the Asphalt 9: Legends has enough problems in User and Hidden. Evaluating using heuristic method shows this game has 26 usability problems which is heuristic MA01 (Visibility of System Status) principle has the highest problems 30.7%, meanwhile the highest average level of severity is in the heuristic MA03 (User Control and Freedom) principle is 2.63 in percentage.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/740/052001220
Uncontrolled Keywords: Asphalt 9: Legends, Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:16
Last Modified: 10 Aug 2020 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179491
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item