Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Grafis Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Model Apped Pada Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 4 Malang

Kusuma, Hanif Aulia (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Grafis Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Model Apped Pada Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada SMK Negeri 4 Malang terdapat 9 jurusan yaitu Produksi Grafika, Design Grafika, Multimedia, Rekayasa perangkat Lunak, Animasi, Teknik Komputer dan Jaringan, Mekatronika, Logistik, dan Perhotelan. Dengan berlakunya Kurikulum 2013 berkonsekuensi terhadap perubahan struktur kurikulum yang di dalamnya terdapat mata pelajaran yang harus ditempuh untuk suatu jurusan dalam satuan pendidikan tertentu. Salah satu dampak perubahan struktur kurikulum adalah terdapat mata pelajaran pemrograman dasar pada jurusan Multimedia kelas X yang sebelumnya tidak ada. Hal tersebut menyebabkan permasalahan, salah satu nya adalah hasil evaluasi materi fungsi selama melaksanakan Lesson Study pada jurusan Multimedia-C kelas X, 28 siswa dari 37 siswa mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan menggunakan model APPED dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa, tahap dari model APPED yaitu: Analisis dan penelitian awal; Perancangan; Produksi; Evaluasi; Diseminasi. Hasil evaluasi Produk MPI dinyatakan valid oleh peneliti pada tahap ongoing evaluation, untuk tahap alpha test penilaian dari ahli materi yaitu sebesar 97,80% dan termasuk kategori “sangat valid”, untuk penilaian dari ahli media yaitu sebesar 68,90% dan termasuk kategori “valid”, dan untuk penilaian dari ahli instruksional yaitu sebesar 82,50% dan termasuk kategori “sangat valid”, kemudian produk MPI disebarluaskan untuk mengetahui tingkat efektivitas produk dalam pembelajaran dengan melakukan uji beda menggunakan Wilcoxon signed-rank Test dan menghasilkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dikarenakan nilai tersebut lebih rendah dari 0,050 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test dan produk MPI dianggap efektif.

English Abstract

At SMK Negeri 4 Malang There are 9 departments namely Grafika Production, Design Grafika, multimedia, Software Engineering, animation, Computer Engineering and Networking, Mechatronics, Logistic, and Hospitality. By implementing the 2013 curriculum, it affects changes in the curriculum structure in which there are subjects to be pursued in certain educational units. One of the impacts of the curriculum structure changes is that there is a basic programming lesson in multimedia grade X that was not previously. This caused the problem, one of which is the result of the evaluation of the function material during the Lesson Study in Multimedia-C class X, 28 students from 37 students received a value under the KKM (minimum submission criteria). Based on these problems need to be developed Interactive learning Multimedia (MPI) with the APPED model to imp student learning outcomes, the stage of the APPED model is: preliminary analysis and research; Design; Production; Evaluation; Dissemination. The results of the evaluation of MPI products are valid by the researchers at the ongoing evaluation stage, for the alpha phase of the assessment of the material experts is 97.80% and including the category "very valid", for the assessment of the media experts at 68.90% and including "Valid" category, and for instructional expert assessments of 82.50% and including the "very valid" category, MPI products are disseminated to determine the level of product effectiveness in learning by conducting different tests using Wilcoxon signed-rank Test and produced Asymp. Sig. (2-tailed) amounting to 0.000 because the value is lower than 0.050 it can be concluded that there is a significant difference between the pre-test and post-test value and the MPI product is considered effective.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/690/052001205
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, model APPED, multimedia, pemrograman dasar.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:05
Last Modified: 10 Aug 2020 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179396
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item