Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru Dengan Metode Heuristic Evaluation

Romansya, Cheldo Bagus (2019) Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru Dengan Metode Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi perangkat bergerak Ruang Guru adalah salah satu aplikasi E-learning terkemuka di Indonesia yang memiliki jumlah unduhan terbanyak namun branding yang besar ternyata berbanding terbalik dengan kualitas atau tingkat usabilitas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan pada aplikasi Ruang Guru yang mengganggu tingkat usabilitas secara mendalam oleh para expert. Metode yang digunakan adalah Evaluasi Heuristik dengan prinsip E-learning, metode ini adalah metode heuristic yang secara khusus digunakan untuk mengevaluasi E-learning, karena pada metode ini prinsip yang digunakan ada 15 prinsip yang mencakup muatan instruksional pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan total 28 permasalahan yang masuk di 10 jenis dari 15 prinsip heuristik E-learning. Ada 3 prinsip heuristik yang memiliki jumlah masalah terbanyak dengan 5 permasalahan, yaitu H1 (Visibility of System Status), H4 (Consistency and Standards), dan H7 (Aesthethic). Dan heuristik dengan rata-rata severity rating tertinggi adalah H5 (Error prevention). Dari permasalahan yang ditemukan, penelitian ini menghasilkan 28 rekomendasi perbaikan. Rekomendasi perbaikan ini terbagi dalam 3 jenis perbaikan yaitu perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan sistem dan keamanan, dan pelatihan pengguna.

English Abstract

A mobile application called Ruang Guru is one of the well-known E-learning applications in Indonesia which has the highest number of downloads; however, the large branding turns out to be inversely proportional to the quality or usability level provided. This study aims to find problems in the application of Ruang Guru which deeply interfere with the usability level by the experts. The method used was Heuristic Evaluation with the principle of E-learning, this heuristic method specifically used to evaluate E-learning, because in this method the principles used were 15 principles that include instructional content of learning. Based on the results of the study, 28 problems were found in 10 of the 15 heuristic principles of E-learning. 3 heuristic principles had the most number of problems with 5 problems, namely H1 (Visibility of System Status), H4 (Consistency and Standards), and H7 (Aesthetic). And the heuristic with the highest average severity rating is H5 (Error prevention). From the problems found, this study provided 28 recommendations for improvement. These improvement recommendations were divided into 3 types of improvements namely user interface design improvements, system and security improvements, and user training.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/725/052001177
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Ruang Guru, Evaluasi Heuristik, Heuristik Untuk E-learning
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:04
Last Modified: 10 Aug 2020 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179270
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item