Tantangan pada Skills LabProstodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Berdasarkan Persepsi Mahasiswa (Studi Kualitatif)

Nitasari W, Putu Dea (2019) Tantangan pada Skills LabProstodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Berdasarkan Persepsi Mahasiswa (Studi Kualitatif). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skills lab merupakan bagian terpenting untuk melatih keterampilan mahasiswa kedokteran gigi sebelum memasuki jenjang profesi. Pembelajaran skills lab terdapat di setiap cabang ilmu kedokteran gigi, salah satunya prostodonsia. Skills Labprostodonsia mempelajari pembuatan gigi tiruan lepasan. Mahasiswa yang menjalani skills labprostodonsia tentunya memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai tantangan saat menjalani skills labprostodonsia. Persepsi ini merupakan hasil interpretasi terhadap pengalaman yang dijalani setiap mahasiswa sebagai hasil pengindraan atau sesuatu uang dilihat dan dirasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya tantangan pada saat skills labprostodonsia berdasarkan persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil data penelitian kualitatif ini adalah bahwa yang menjadi tantangan menurut persepsi mahasiswa saat menjalani skills labprostodonsia adalah waktu untuk menyelesaikan rekuiremen yang kurang, perbedaan persepsi antar instruktur, fasilitas dan sarana prasana yang tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa, tidak adanya demonstrasi oleh instruktur, dan tidak adanya pemberian video tutorial.

English Abstract

Skills lab isthemostimportantpartdevelopingtheskillsof dental studentsbeforeenteringtheprofessional level. Skillslabslearningprograms are available in everybranchofdentistry, oneofwhichisprosthodontics. The prosthodonticsskills lab studiestheconstructionofremovabledentures. Studentswhoundergoprosthodonticsskills lab certainlyhavedifferentperceptionsaboutthechallengesofundergoingprosthodonticsskills lab. Thisperceptionistheresultofaninterpretationoftheexperiencesofeachstudent as a resultofsensingorsomethingthatisseenandfelt. The purposeofthis study wastoidentifythefactorsthatledtotheemergenceofchallenges in prosthodonticsskills lab basedontheperceptionsofstudentsoftheFacultyofDentistryof Brawijaya University. This study uses a qualitativemethod. The resultsofthisqualitativeresearch data are thatwhichis a challengeaccordingtotheperceptionsofstudentswhileundergoing lab prosthodonticsskills lab isthelackoftimetocompletetherequiredtasks, differences in perceptionsbetweeninstructors, thenumberofavailablefacilitiesthat are not proportionaltothenumberofstudents, nodemonstrationbyinstructors, andunavailabilityof tutorial videos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKG/2019/65/052001819
Uncontrolled Keywords: Skills LabProstodonsia, Tantangan pada Skills LabProstodonsia, Persepsi-Prosthodonticsskills lab, challengesofprosthodonticsskills lab, perception.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry > 617.69 Prosthodontics > 617.695 Materials / Dental materials
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:52
Last Modified: 23 Oct 2021 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179085
[thumbnail of Putu Dea Nitasari W.pdf]
Preview
Text
Putu Dea Nitasari W.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL INDONESIA_PUTU DEA NITASARI W_155070401111054.pdf]
Preview
Text
JURNAL INDONESIA_PUTU DEA NITASARI W_155070401111054.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item