Membongkar Simbolisasi Superioritas Negara Adidaya dalam Game (Studi Semiotika Charles Sanders Peirce pada Game Call of Duty Modern Warfare III)

Akbar, Muhammad Adibagus Ilham (2019) Membongkar Simbolisasi Superioritas Negara Adidaya dalam Game (Studi Semiotika Charles Sanders Peirce pada Game Call of Duty Modern Warfare III). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mencoba membongkar simbolisasi superioritas negara adidaya Amerika Serikat dalam produk media game. Pada penelitian ini, objek penelitian berpusat kepada video game yang berjudul Call of Duty Modern Warfare III produksi pengembang game Amerika Serikat, Infinity Ward. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunkanan analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce sebagai metode penelitian. Fokus dari penelitian ini adalah membongkar simbolisasi superioritas negara adidaya menggunakan studi semiotika Charles Sanders Peirce pada produk media video game Call of Duty Modern Warfare III. Teknik analisis data para penelitian ini menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce yang meliputi 3 pokok pembahasan diantaranya representamen, object, dan interpretant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video game secara komplit merepresentasikan simbolisasi superioritas Amerika Serikat melalui narasi dan gameplay dalam video game yang terdapat sebuah pencitraan militer Amerika Serikat dan tervisualisasi hingga akhirnya disampaikan kepada pemain melalui gameplay secara struktural dan menyeluruh.

English Abstract

This research tries to dismantle the superiority symbolism of the US superpowers in-game media products. In this study, the object of research is centered on a video game entitled Call of Duty Modern Warfare III produced by the US game developer, Infinity Ward. This research is descriptive qualitative research and uses Charles Sanders Peirce's semiotic analysis as a research method. The focus of this research is to dismantle the superiority symbolization of the superpowers using Charles Sanders Peirce's semiotic study on the Call of Duty Modern Warfare III video game product. The data analysis technique used in this study uses Charles Sanders Peirce's semiotics which covers 3 main topics including representament, object, and interpretant. The results of this study indicate that video games completely represent the symbolization of the superiority of the United States through narratives and gameplay in video games contained in the United States military imagery and visualized until finally delivered to players through structural and comprehensive gameplay.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1099/052000634
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Charles Sanders Peirce, Game, Amerika Serikat.-Semiotic, Charles Sanders Peirce, Game, United States.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication > 302.222 3 Symbols
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 15 Oct 2020 18:52
Last Modified: 15 Oct 2020 18:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179052
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item