Kontestasi Wacana Antar Dua Kelompok Alumni Di Sman 65 Jakarta Barat (Studi Kualitatif Conversation Analysis Pada Kontestasi Wacana Antar 2 Kelompok Alumni Di Sman 65 Jakarta Barat)

Adhiliano, Armand Nugraha (2019) Kontestasi Wacana Antar Dua Kelompok Alumni Di Sman 65 Jakarta Barat (Studi Kualitatif Conversation Analysis Pada Kontestasi Wacana Antar 2 Kelompok Alumni Di Sman 65 Jakarta Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Kontestasi Wacana antar dua kelompok alumni dalam penanaman wacana terhadap siswa SMAN 65 Jakarta Barat dengan menggunakan metode Kualitatif Conversations Analysis milik Foucault. Penelitian ini membahas strategi dari dua kelompok alumni dalam kontestasi wacana antar dua kelompok tersebut. Pembahasan menggunakan model Foucault sehingga mampu menjabarkan strategi dari masing-masing kelompok alumni. Sehingga, peneliti menggunakan tiga elemen dari teori wacana kuasa milik Foucault, yaitu Wacana, Kuasa dan Praktik Diskursif. Hasil pembahasan dalam penelitian ini dapat berupa penjabaran tentang berbagai strategi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok dalam proses penanaman wacana. Dalam pembahasan terdapat tiga strategi yang digunakan kelompok PASMA diantaranya Silaturahmi kelompok PASMA terhadap Guru, Pendekatan kelompok PASMA dengan Pihak Komite Sekolah, dan Kegiatan Diskusi Terbuka yang ditujukan untuk Siswa. Strategi yang digunakan yaitu Potret Praktik Diskursif antar kelompok Alumni Lozztery dengan pihak sekolah, Budaya tongkrongan sebagai upaya Penanaman Wacana Kelompok Alumni Lozztery terhadap Siswa, dan adanya Kegiatan Tataran sebagai bentuk Relasi Kuasa dari kelompok Alumni Lozztery. Kelompok PASMA lebih unggul dalam mendapatkan dukungan dari pihak sekolah dan komite sekolah, hal ini menyebabkan kelompok ini dapat bergerak bebas di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan kelompok lozztery menggunakan salah satu strateginya menjadi lebih unggul di luar lingkungan sekolah

English Abstract

Research on the discourse contestation between two groups of alumni in the planting of discourse on students of SMAN 65 West Jakarta using Foucault's Qualitative Conversation Analysis method. This study discusses the strategies of the two alumni groups in the contestation of discourse between the two groups. The discussion uses the Foucault model so that it can describe the strategies of each alumni group. Thus, researchers used three elements of Foucault's theory of power discourse, namely Discourse, Power and Discursive Practices. The results of the discussion in this study can be in the form of a description of what strategies are carried out by each group in the process of planting discourse. In the discussion there were three strategies used by the PASMA group including the Gathering of the PASMA group towards Teachers, the approach of the PASMA group with the School Committee, and “Diskusi Terbuka” Activities aimed at Students. The strategies used are a portrait of discursive practices between the lozztery Alumni group and the school, the tongkrongan culture as an effort to discourage the Lozzttery Alumni Group against students, and the existence of a Level Activity as a form of Power Relationship of the Lozztery Alumni group. The PASMA group is superior in getting support from the school and school committee, this causes this group to move freely within the school area. While the Lozztery group uses one of its strategies to be superior outside the school area.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1036/052000571
Uncontrolled Keywords: Strategi, Wacana, Praktik Diskursif, Kuasa-Strategy, Discourse, Discursive Practices, Power.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.4 Social interaction between groups
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:17
Last Modified: 16 Nov 2020 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178987
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item