Peran Pemerintahan Desa Dalam Strategi Pemberdayaan Perempuan (Studi Pada Kerajinan Anyaman Bambu Di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

Octavia, Rinda Citra (2019) Peran Pemerintahan Desa Dalam Strategi Pemberdayaan Perempuan (Studi Pada Kerajinan Anyaman Bambu Di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang Peran Pemerintahan Desa dalam Strategi Pemberdayaan Perempuan yang berkaitan dengan Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran pemerintahan desa dalam pemberdayaan perempuan yang ada didesa. Selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan kerajinan anyaman bambu. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Didalam penelitian ini akan menggunakan konsep pemberdayaan menurut Wrihatnolo&Nugroho dengan mencakup tiga tahap community development (pembangunan masyarakat) dan community-basud development (pembangunan yang tertumpu pada masyarakat), dan tahap selanjutnya muncul istilah community-driven development yang diterjemahkan sebagai pembangunan yang digerakkan masyarakat dan strategi pemberdayaan perempuan menurut Gunawan Sumodingrat dimana tujuannya ada tiga yaitu untuk menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang, memperkuat potensi atau daya yang dimilliki masyarakat (empowering), memberdayakan mengandung arti melindungiHasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemerintahan desa belum sepenuhnya berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan yang ada didesa khususnya terkait dengan kerajinan anyaman bambu. Para pengrajin anyamn bambu berharap adanya bantuan dari pemerintahan desa terkait dengan kerajinan anyamn bambu. Selain itu, faktor penghambat kerajinan anyaman bambu salah satunya yaitu kurangnya modal dan adanya produk lain yang lebih awet dari pada anyaman dari bambu. Itu yang membuat pengrajin anyaman bambu pendapatannya cenderung menurun.

English Abstract

This study elaborated on Village Government Role in Women's Empowerment Strategies Custom Woven Bamboo Village Mirigambar Sumbergempol Tulungagung subdistrict. The purpose of this study was to determine the extent of the role of the village administration in the empowerment of women that exist in the villages. In addition to knowing the factors supporting and empowering woven bamboo crafts. This study uses qualitative descriptive method by collecting data through observation, interviews, and documentation. Results from the study showed that the village government has not fully contribute to the empowerment of women that exist in villages, especially associated with woven bamboo crafts. The craftsmen anyamn bamboo hoping for help from the village administration associated with anyamn bamboo craft. In addition, the woven bamboo crafts inhibiting factors one of which is the lack of capital and the existence of other products more durable than woven from bamboo. It makes woven bamboo craftsmen incomes tend to decline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1048/052000583
Uncontrolled Keywords: Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Perempuan, Kerajinan Ayaman Bambu-Village Governance , Women's Empowerment , Bamboo Craft ayaman
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.43 Women by occupation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:43
Last Modified: 10 Aug 2020 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178945
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item