Persepsi Sesak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang

Dini, Yosi Wulan (2019) Persepsi Sesak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi sesak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang yang mengalami kondisi penuh sesak. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tiga orang narapidana yang menempati blok dengan jumlah penghuni terpadat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan memiliki persepsi tidak nyaman pada aspek situasional seperti ruang yang sempit dan ruang gerak terbatas karena banyaknya orang yang saling berdekatan ketika tidur di malam hari. Pada penelitian ini ditemukan juga bahwa, ketiga informan tidak mengalami perubahan pada aspek perilaku (behaviour) dan aspek emosional karena pada dasarnya telah menerima keadaan lapas yang penuh sesak

English Abstract

This study aims to determine perceptions of congested inmates Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang who experience overcrowded conditions. The researcher uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques used were interviews. The informant selection technique uses purposive sampling. Total of informants used in this study are thress inmates which occupies the most populous block. The data analysis in this study uses an interactive model analysis techniques proposed by Miles & Huberman. The results of this study indicate that the three informants have uncomfortable perceptions on situational aspects such as narrow space and limited space because many people are close to each other when sleeping at night. In this study also found that, the three informants did not experience changes in aspects of behavior (behavior) and emotional aspects because basically they have accepted the overcrowded prison conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1108/052000643
Uncontrolled Keywords: Kesesakan, Lembaga Pemasyarakatan, Narapidana, Persepsi.-Crowding, Penitentiary Institution, Inmates, Perception.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.42 Social role and status of women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:37
Last Modified: 10 Aug 2020 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178821
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item