Wayfinding Bagi Tunanetra Pada Sekolah Luar Biasa Tipe A (Studi Kasus: Smp/Smalb A Ypab Surabaya)

Afifah, Rizka Nur (2019) Wayfinding Bagi Tunanetra Pada Sekolah Luar Biasa Tipe A (Studi Kasus: Smp/Smalb A Ypab Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana elemen wayfinding bagi tunanetra khususnya di SMP/SMALB A YPAB Surabaya. Dimana mengingat tunanetra memiliki keterbatasan pada penglihatan maka wayfinding pada tunanetra akan memiliki keunikan tersendiri. Kemudian melihat kondisi lokasi penelitian yang belum didesain sesuai standar aksesibilitas maka ingin diketahui elemen apa yang dapat membantu wayfinding tunanetra dengan kondisi lingkungan yang ada Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana data yang dimiliki merupakan data primer berupa data pemetaan pergerakan tunanetra dan data lingkungan eksisting. Data pergerakan tunanetra didapatkan dengan metode person centered mapping dengan sampel merupakan siswa tunanetra grup, total dan lowvision yang bergerak tanpa bantuan orang lain. Dari kedua data tersebut dilakukan analisis keterkaitan antara pergerakan tunanetra dengan elemen yang ada pada eksisting untuk melihat elemen eksisting apa yang memengaruhi pergerakan tunanetra. Dari hasil analisis maka dilakukan sintesis terkait elemen landmark dan clue bagi tunanetra. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan pada elemen landmark dan clue bagi tunanetra total, lowvision maupun grup. Bagi tunanetra total dan grup, landmark dan clue yang banyak digunakan justru merupakan elemen yang dapat diraba atau dirasakan oleh indra peraba tangan. Dimana khususnya dinding dan vegetasi dipakai sebagai clue oleh hampir keseluruhan tunanetra total meskipun tidak terdapat tekstur yang bersifat mengarahkan. Berbeda dengan pada tunanetra lowvision, indra penglihatan masih digunakan sehingga tidak banyak menggunakan indra peraba. Sehingga elemen warna menjadi bagian dari clue bagi tunanetra.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/1064/051904227
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture > 720.4 Special topics of architecture > 720.47 Architecture and the environment
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:18
Last Modified: 25 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178819
[thumbnail of RIZKA NUR AFIFAH (2).pdf]
Preview
Text
RIZKA NUR AFIFAH (2).pdf

Download (65MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item