Pengaruh Waktu Perendaman Di Dalam Air Laut Terhadap Laju Korosi Dan Struktur Mikro Baja Tahan Karat Aisi 316l Hasil Karburising Padat

Pratiwi, Rezky Dian (2019) Pengaruh Waktu Perendaman Di Dalam Air Laut Terhadap Laju Korosi Dan Struktur Mikro Baja Tahan Karat Aisi 316l Hasil Karburising Padat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Korosi merupakan menurunnya mutu material dikarenakan adanya interaksi dengan lingkungan. Baja tahan karat AISI 316L memiliki ketahanan korosi yang baik, akan tetapi memiliki kekerasan rendah. Untuk meningkatakan sifat fisis dan mekanis dilakukan proses karburising. Pada proses tersebut akan terjadinya penambahan unsur karbon pada permukaan baja. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis laju korosi dan struktur mikro pada baja tahan karat AISI 316L hasil karburising padat. Penelitian ini menggunakan media air laut dengan variasi waktu perendaman 2 minggu, 4 minggu, 6 minggu, dan 8 minggu. Laju korosi yang dihasilkan menunjukkan grafik laju korosi terhadap waktu perendaman mengalami fluktuasi. Nilai laju korosi tertinggi diperoleh pada suhu karburising 600oC dengan waktu tahan karburising 20 jam sebesar 2,134 mpy. Ketahanan relatif dari suatu besi berdasarkan nilai laju korosi 0,135 mpy hingga 2,134 mpy tergolong amat sangat baik hingga sangat baik. Bentuk korosi yang terjadi pada permukaan adalah korosi batas butir dan korosi setempat.

English Abstract

Corrosion is a decrease in material quality due to interaction with the environment. AISI 316L stainless steel has good corrosion resistance, but has low hardness. To increase physical and mechanical properties a carburizing process is carried out. In the process, there will be an addition of carbon elements on the steel surface. In this study, a corrosion rate and microstructure analysis of AISI 316L stainless steel from solid carburizing was carried out. This study uses sea water media with variations in immersion time of 2 weeks, 4 weeks, 6 weeks, and 8 weeks. The resulting corrosion rate shows a fluctuating graph of the corrosion rate with soaking time. The highest corrosion rate was obtained at 600oC carburizing temperature with a 20-hour carburizing time of 2.134 mpy. The relative resistance of an iron based on the corrosion rate of 0.135 mpy to 2.134 mpy is considered to be extremely good to very good. The form of corrosion that occurs on the surface is grain boundary corrosion and local corrosion.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/203/051910927
Uncontrolled Keywords: Baja tahan karat AISI 316L, Karburising, Laju korosi, Struktur mikro, Stainless steel AISI 316L, Carburizing, Corrosion rate, Microstructure
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 530.8 Measurement
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:18
Last Modified: 02 Oct 2020 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178784
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item