Evaluasi Kampanye Komunikasi “Save Our Sharks” WWF Indonesia Sebagai Upaya Perubahan Perilaku Masyarakat dalam Mengkonsumsi Hiu (Studi Evaluasi Proses dan Outcomes Kampanye WWF Indonesia)

Koto, Destrina Elita (2019) Evaluasi Kampanye Komunikasi “Save Our Sharks” WWF Indonesia Sebagai Upaya Perubahan Perilaku Masyarakat dalam Mengkonsumsi Hiu (Studi Evaluasi Proses dan Outcomes Kampanye WWF Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampanye Save Our Sharks merupakan kampanye sosial yang dibentuk dan dilaksanakan oleh WWF Indonesia yang bertujuan untuk menghentikan penjualan hiu serta promosi kuliner hiu di media massa. Hal kemarin bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut. Namun kenyataannya masih banyak pelaku usaha yang memperdagangkan hiu baik secara langsung maupun tidak. Melihat hal tersebut penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui evaluasi proses kampanye komunikasi “Save Our Sharks” WWF Indonesia serta dampak/outcomes terhadap perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi hiu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan intrepetatif. Penelitian ini dilakukan di WWF Indonesia yang beralamat di Graha Simatupang, Jakarta Selatan. Alasan pemilihan lokasi penelitian adalah WWF Indonesia merupakan pembentuk dan penggerak Kampanye Save Our Shark. Penelitian ini juga memiliki data pendukung dari hotel/restoran mitra kampanye. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian in terdiri dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis Miles and Huberman, dengan menggunakan triangulasi data sebagai metode keabsahan data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa evaluasi proses Kampanye “Save Our Sharks” WWF Indonesia dapat dikatakan berhasil berdasarkan indikator yang ada. Namun dampak/outcomes Kampanye “Save Our Sharks” WWF Indonesia sebagai Upaya Perubahan Perilaku Masyarakat dapat dikatakan belum merata dikarenakan masih adanya beberapa oknum nelayan di TPI Brondong, Lamongan yang masih menangkap hiu dikarenakan faktor ekonomi dan kurangnya pengawasan.

English Abstract

The Save Our Sharks Campaign is a social campaign formed and carried out by WWF Indonesia which aims to stop the sale of sharks and promote culinary sharks in the mass media. This aims to maintain the balance of the marine ecosystem. But in reality there are still many business people who trade sharks both directly and indirectly. Seeing this research has the aim to find out the evaluation of WWF Indonesia's “Save Our Sharks” communication campaign process and the impact / outcomes on changes on community behavior in consuming sharks. The research used a qualitative research method with an interpretative approach. Yesterday's research was conducted at WWF Indonesia with its address at Graha Simatupang, South Jakarta. The reason for choosing the location of the research is that WWF Indonesia is the founder and driver of the Save Our Shark Campaign. The research also had supporting data from campaign partner hotels / restaurants. The research data sources consisted of primary data sources and secondary data sources. The research data collection methods consisted of interviews, documentation, and observation. The data analysis method used is the Miles and Huberman analysis method, using data triangulation as a data validity method. The results of the study concluded that the evaluation process of the WWF Indonesia "Save Our Sharks" Campaign can be said to be successful based on existing indicators. However, the impact / outcomes of WWF Indonesia's "Save Our Sharks" Campaign as an Effort to Change Community Behavior can be said to be uneven because there are still some fishermen in TPI Brondong, Lamongan who still catch sharks due to economic factors and lack of supervision..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/837/052001010
Uncontrolled Keywords: Save Our Sharks, Evaluasi Proses, Evaluasi Outcomes, Perubahan Perilaku Masyarakat Save Our Sharks, Evaluation of Process, Evaluation of outcomes Changing Community Behavior
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management > 352.384 Communication in management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:03
Last Modified: 21 Oct 2021 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178768
[thumbnail of Destrina Elita Koto.pdf]
Preview
Text
Destrina Elita Koto.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item