Dustin, Sean Amir Aristo (2019) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Etika Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kemauan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kantor Bersama Samsat Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya tunggakan dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kota Pasuruan. Adanya tunggakan dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tersebut sebelumnya didasari karena adanya perilaku ketidakpatuhan yang dimiliki oleh wajib pajak kendaraan bermotor. Perilaku ketidakpatuhan tersebut dikarenakan adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut antara lain kesadaran wajib pajak, pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan dan etika wajib pajak, serta faktor eksternal dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan. Untuk melihat fenomena tersebut penulis menggunakan Theory of Planned Behavior untuk mengkonfirmasi faktor internal maupun faktor eksternal tersebut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di SAMSAT Pasuruan dengan jumlah sampel 100 wajib pajak kendaraan bermotor dengan pemilihan sampel menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di SAMSAT Pasuruan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan, etika wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap kemauan dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan pemahaman wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan variabel pengetahuan perpajakan, etika wajib pajak dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Variabel pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan dan kemauan membayar pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan kesadaran wajib pajak dan etika wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
English Abstract
This research was carried based on the arrears from the receipt of Motor Vehicle Tax in Pasuruan City. The existence of arrears from the receipt of Motor Vehicle Tax was previously based on the existence of non-compliance behaviour possessed by motor vehicle taxpayers. Non-compliance behavior caused to internal factors and external factors. The internal factors is awarness of taxpayer, understanding of taxpayers, taxation knowledge, ethics of taxpayers and the external factors in this research is service quality. To see this phenomenon, the writer used the Theory of Planned Behavior to confirm internal and external factors. This research is included in the type of survey research using a quantitative approach. The sample in this research is a motor vehicle taxpayers that registered at SAMSAT Pasuruan with total of 100 motor vehicle taxpayers and use sample selection by Slovin Formula. Data collecting techniques used in this research is using questionnaire distributed to motor vehicle taxpayers that registered at SAMSAT Pasuruan. Analysis techniques used in this research is using descriptive analysis and path analysis. The purpose of this research to find the effect of awareness of taxpayers, understanding of taxpayers, taxation knowledge, ethics of taxpayers, and service quality variable on willingness and compliance of taxpayers in paying Motor Vehicle Tax. Results of this research shows that awareness of taxpayers, understanding of taxpayers variable have a significant effect on willingness to pay taxes, while taxation knowledge, ethics of taxpayer, and service quality variable have not a significant effect on willingness to pay taxes. Understanding of taxpayers, taxation knowledge, service quality, and willingness to pay taxes variable have a significant effect on taxpayer compliance, while awareness of taxpayers and ethics of taxpayer variable have not a significant effect on taxpayer compliance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/861/052001030 |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran, Pemahaman, Pengetahuan Perpajakan, Etika, Kualitas Pelayanan, Kemauan, Kepatuhan, Pajak Kendaraan Bermotor, Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Awarness, Understanding, Taxation Knowledge, Ethics, Service Quality, Willingness, Compliance, Motor Vehicle Tax, Motor Vehicle Taxpayers |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178756 |
Preview |
Text
Sean Amir Aristo Dustin.pdf Download (14MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |