Implementasi Kebijakan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (Studi tentang Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada SDN 3 Kemiri Kabupaten Ponorogo)

Ardianto, Zamroni Tegar (2019) Implementasi Kebijakan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (Studi tentang Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah pada SDN 3 Kemiri Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari penemuan permasalahan yang terdapat pada mutu sarana dan prasarana pendidikan di SDN 3 Kemiri Kabupaten Ponorogo sehingga membuat proses kegiatan belajar dan mengajar kurang berjalan secara efektif dan efisien. Sarana dan prasarana pendidikan tidak bisa diabaikan dalam melakukan proses pendidikan, karena tanpa adanya sarana dan prasarana pendidikan maka kegiatan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah implementasi kebijakan tentang mutu sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan yang tercantum kedalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah serta melihat penerapan secara langsung di sekolah. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019 sampai Agustus 2019 yang berlokasi di Kabupaten Ponorogo dengan situs penelitian di SDN 3 Kemiri Kabupaten Ponorogo. Mutu sarana dan prasarana pendidikan yang diteliti yaitu melihat ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, proses pengadaan, pemeliharaan, dan penggunaan serta melihat pelaksanaannya apakah sudah optimal atau belum dalam mendukung proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Hasil dari penelitian yang dilakukan tentang pelaksanaan implementasi kebijakan mutu sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan, bahwa ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan sudah termasuk dalam golongan cukup dan layak untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan sudah berjalan sesuai dengan alurnya, melihat rencana yang telah dirapatkan untuk kemudian dilakukan proses pengadaan dengan melihat mana yang lebih penting dan harus didahulukan untuk dilakukan. Setelah proses pengadaan tercapai, tahap selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan saat melakukan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan bertujuan agar sarana dan prasarana pendidikan tetap terawat. Saran yang diberikan oleh penulis lebih mengarah kepada sekolah agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses perkembangan peserta didik dalam bidang akademik atau non akademik.

English Abstract

The background of thus research stems from the discovery of the problems found in the quality og educational facilities and infrastructure in SDN 3 Kemiri, Ponorogo Regency, which makes the learning and teaching process less effective and efficient. Educational facilities and infrastructure cannot be ignored in carrying out the educational process, because without the availability of educational facilities and infrastructure, educational activities will not run properly. This study aims to determine whether the implementation of policies regarding the quality of educational facilities and infrastructure in accordance with national education standards listed in Permendiknas No. 24 of 2007 Facilities and Infrastructure Standards for Elementary Schools / Madrasah Ibtidaiyah and see the application directly in schools. The process of this research, the authors used a descriptive study using a qualitative approach. This research was conducted in July 2019 to August 2019 which is located in Ponorogo Regency with a research site at SDN 3 Kemiri, Ponorogo Regency. The quality of educational facilities and infrastructure under study is to look at the availability of educational facilities and infrastructure, the procurement process, maintenance, and use as well as see whether the implementation is optimal or not in supporting the process of teaching and learning activities in class. The results of research conducted on the implementation of the quality policy of educational facilities and infrastructure in accordance with national education standards, that the availability of educational facilities and infrastructure is included in the group sufficient and feasible to carry out teaching and learning activities. The process of procuring educational facilities and infrastructure has proceeded in accordance with the flow, looking at the plans that have been finalized and the carried out the procurement process by seeing which is more important and must take precendence to be done. After the procurement process is reached, the next step, which is to carry out maintenance whie using educational facilities and infrastructure, aims to keep educational facilities and infrastructure maintained. The advice given by the writer is more directed to schools to pay more attention to educational facilities and infrastructure to support the development process of student in the academis or non academic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/843/052001006
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan, dan Standar Nasional Pendidikan Policy Implementtion, Quality of Educational Facilities and Infrastructure, and National Education Standards.
Subjects: 300 Social sciences > 379 Public policy issues in education > 379.2 Specific policy issues in public education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:41
Last Modified: 21 Oct 2021 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178750
[thumbnail of Zamroni Tegar Ardianto.pdf]
Preview
Text
Zamroni Tegar Ardianto.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item