Hubungan Kepuasan Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 (Studi pada SMK Negeri 1 Singosari)

Kurniawati, Resha Indi (2019) Hubungan Kepuasan Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 (Studi pada SMK Negeri 1 Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini berisi tentang, Hubungan Kepuasan Siswa Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Singosari. Kurikulum di Indonesia sejalan dengan tuntutan pendidikan di era digital saat ini. Dalam penerapan Kurikulum 2013 menggunakan penunjang alat pembelajaran yang modern, meliputi: media internet, komputer, gadget, proyektor dan sarana prasarana penunjang digital lainnya. Perkembangan kurikulum di Indonesia yang telah mengalami perubahan kurikulum sebanyak 11 kali. Dengan adanya 11 kali pergantian kurikulum diharapkan mampu menyempurnakan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Penerapan kurikulum 2013 ini menekankan pada pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara seimbang. Oleh karena itu pengembangan, rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dimulai dari analisis karakter dan kompetensi yang akan dibentuk, atau yang diharapkan muncul setelah pembelajaran. Kurikulum 2013 ini lebih focus dan berangkat dari karakter seta kompetensi yang akan dibentuk, baru memikirkan untuk mengembangkan tujuan yang akan dicapai. Terlepas dari itu, penerapan kurikulum 2013 juga menuai pro dan kontra masyarakat selama ini, banyak siswa dan masyarat mengeluh dan banyak juga yang setuju dengan diberlakukannya kurikulum 2013 ini. Sehingga kurikulum 2013 di nilai membingungkan dan tergesagesa dalam penerapannya, tak hanya itu siswa juga mengalami adanya dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari penerapan kurikulum 2013. Dengan diterapkannya kurikulum baru, diperlukannya untuk mengukur tingkat kepuasan siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kepuasan siswa terhadap penerapan kurikulum 2013 Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ptoduct moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Singosari sebanyak 2143 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan mengambil sample secara acak sehingga sampel berjumlah 327 siswa baik kelas X,XI, maupun XII. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuisioner dan data sekundernya yaitu melalui observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung serta referensi yang berkaitan dengan peneitian ini. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya hubungan positif antara kepuasan siswa terhadap penerapan kurikulum 2013 dan hal ini ditunjukkan pada signifikan di uji melalui t hitung sebesar 4,564 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,649 dan secara simultan atau uji F hitung 20,829 lebih besar dari F tabel 3,870 artinya kepuasan siswa mempunyai pengaruh nyata dan signifikan terhadap penerapan kurikulum 2013. Melalui penerapan kurikulum 2013 ini merupakan penyempurna dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Hal ini dapat dilihat oleh beberapa siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif saat proses belajar mengajar, dengan adanya tugas kelompok, membentuk kelompok belajar siswa dengan saling tukar pemikiran dan bekerjasama serta saling memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya.

English Abstract

This thesis contains, The Relationship of Student Satisfaction to the Implementation of the 2013 Curriculum at SMK Negeri 1 Singosari. The curriculum in Indonesia is in line with the demands of education in the current digital era. In applying the 2013 curriculum, it uses the support of modern learning tools, including: internet media, computers, gadgets, projectors and other digital supporting infrastructure. Curriculum development in Indonesia which has experienced curriculum changes 11 times. With the 11 curriculum changes expected to be able to improve from the previous curriculum. The implementation of the 2013 curriculum emphasizes the development of balanced competence of students' knowledge, skills and attitudes. Therefore the development, planning, implementation, and evaluation of learning starts from the analysis of characters and competencies that will be formed, or that are expected to emerge after learning. The 2013 curriculum is more focused and departs from the seta character of the competencies to be formed, then thinks about developing the objectives to be achieved. Apart from that, the implementation of the 2013 curriculum has also reaped the pros and cons of the community so far, many students and people complain and many also agree with the implementation of the 2013 curriculum. So that the 2013 curriculum is considered confusing and hurried in its application, not only that students also experience the positive and negative impacts arising from the implementation of the 2013 curriculum. With the implementation of the new curriculum, it is needed to measure the level of student satisfaction. Therefore this study aims to determine whether there is a relationship between student satisfaction with the application of the 2013 curriculum. This type of research is explanatory with a quantitative approach, and the data analysis technique used is the analysis of product moment correlation. The population in this study were 2143 students of SMK Negeri 1 Singosari. This study uses a random sampling technique by taking a random sample so that the sample is 327 students in class X, XI, and XII. The data presented in this study uses primary data that is questionnaire and secondary data through observation and documentation as supporting data and references relating to this research. The results in this study indicate that there is a positive relationship between student satisfaction with the application of the 2013 curriculum and this is indicated in the significant test through t arithmetic of 4.564 which is greater than t table of 1.649 and simultaneous or F test of 20.829 is greater than F table 3,870 means that student satisfaction has a real and significant influence on the implementation of the 2013 curriculum. Through the application of the 2013 curriculum this is a refinement of the previous curricula. This can be seen by some students who are more active, creative and innovative during the teaching and learning process, with group assignments, forming student learning groups by exchanging ideas and working together and having responsibilities to complete their assignments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/876/052001045
Uncontrolled Keywords: Kepuasan siswa, Kurikulum 2013 Student satisfaction, Curriculum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 375 Curricula > 375.006 Evaluation and change
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:49
Last Modified: 21 Oct 2021 00:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178746
[thumbnail of Resha Indi Kurniawati.pdf]
Preview
Text
Resha Indi Kurniawati.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item