Analisis Dimensi Kesuksesan Layanan Hai Djpb Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean (Studi Kasus Satker Lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara)

Muttaqin, Athabik Zuhdi (2019) Analisis Dimensi Kesuksesan Layanan Hai Djpb Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean (Studi Kasus Satker Lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris kesuksesan Layanan HAI DJPB sebagai salah satu bentuk implementasi dari e-government. Penelitian ini menggunakan berbagai macam faktor pengukuran yang didasarkan pada model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (2003). Penelitian ini merupakan penelitian causal-explanatory dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kuesioner digunakan dan disebarkan sebagai sumber data primer ke individu-individu yang bekerja sebagai pejabat pengelola keuangan pada satuan kerja lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara. Sebanyak 64 kuesioner berhasil dikumpulkan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) sebagai salah satu alternatif metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan layanan HAI DJPB. Kemudian kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Layanan HAI DJPB. Selanjutnya penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa penggunaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Layanan HAI DJPB. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dan masukan dalam pengembangan dan penyelenggaraan layanan HAI DJPB.

English Abstract

The objective of this study are to analyze and emphirically test the successes of Layanan HAI DJPB as one form of implementation of e-government. This study uses various measurement factors based on the Delone and McLean information system success model (2003). This study is a causal-explanatory research with a purposive sampling technique. Questionnaires used and distributed as a source of primary data to individuals who worked as a financial management officer at working units scope of DJPB Regional Office of North Kalimantan Province. Total of 64 questionnaires were collected, then the data were analyzed using Partial Least Square (PLS), an alternative method of Structural Equation Modelling (SEM). The result show that system quality, service quality and information quality positively influence and has significant relationships to use of Layanan HAI DJPB. Then system quality, service quality and information quality positively influence and significant relationships to user satisfaction of Layanan HAI DJPB. Furthermore, this study also provides empirical evidence that use has a positive and significant relationships on user satisfaction of Layanan HAI DJPB. The result of this study can be used as a consideration in making improvement in the implementation and development of Layanan HAI DJPB.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/673/052000835
Uncontrolled Keywords: E-government, Delone dan McLean, kualitas sistem, kualitas layanan, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pengguna, HAI DJPB, Partial Least Square (PLS), Structural Equation Model (SEM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.028 5 Accounting (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:01
Last Modified: 09 Nov 2020 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178721
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item