Pengaruh Mobile Banking terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi pada Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Safira, Dinda Ayu (2020) Pengaruh Mobile Banking terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi pada Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mobile Banking merupakan aplikasi digital yang dimiliki oleh beberapa perusahaan perbankan, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi para nasabahnya untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Penggunaan Mobile Banking di Indonesia mulai banyak digunakan oleh para nasabah, karena terbukti memudahkan para nasabah dalam berbagai jenis transaksi dan tidak perlu dating ke Bank, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Penelitian ini menggunakan data panel dengan data kuantitatif dari perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana pengaruh Mobile Banking terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan perbankan di Indonesia? (2) Bagaimana pengaruh Mobile Banking pada Return on Equity (ROE) terhadap perusahaan perbankan di Indonesia? (3) Bagaimana pengaruh Mobile Banking terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan perbankan di Indonesia? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Mobile Banking terhadap Return on Asset (ROA) berpengaruh tidak signifikan (2) Pengaruh Mobile Banking terhadap Return on Equity (ROE) berpengaruh tidak signifikan (3) Pengaruh Mobile Banking terhadap Net Profit Margin (NPM) berpengaruh tidak signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mobile banking terhadap kinerja perbankan di Indonesia, tetapi tidak terlalu banyak. Hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa kinerja perbankan yang menyediakan mobile banking lebih baik dari pada yang tidak. Terdapat banyak penyebab salah satunya yaitu, masih belum banyak nasabah yang menggunakan mobile banking salah satu penyebabnya adalah tingkat keamanan dari mobile banking itu sendiri, maka dari itu untuk meminimalisir hal tersebut perusahaan bank harus terus meningkatkan kualitas mobile banking yang dimilikinya. Selain itu investasi keuangan dibidang digital bersifat jangka panjang, sehingga memang hasil yang diperoleh dari adanya investasi ini tidak bisa dilihat hanya beberapa tahun.

English Abstract

Mobile Banking is a digital application that is owned by several banking companies, with the aim to increasing the efficiency of its customers to do transactions anytime, anywhere. Mobile Banking in Indonesia has begun to be widely used by customers, because it is proven to facilitate customers in various types of transactions and does not need to come to the Bank, so they can save time and costs. This study uses panel data with quantitative data from banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2015-2018. The formulation of the problems examined by researchers is: (1) How does Mobile Banking has an impact on Return on Assets (ROA) on banking companies in Indonesia? (2) How does Mobile Banking has an impact on Return on Equity (ROE) on banking companies in Indonesia? (3) How does Mobile Banking has an impact on Net Profit Margin (NPM) on banking companies in Indonesia? The results of this study indicate that: (1) The Impact of Mobile Banking on Return on Assets (ROA) has no significant effect (2) The Impact of Mobile Banking on Return on Equity (ROE) has insignificant effect (3) The Impact of Mobile Banking on Net Profit Margin (NPM) has insignificant effect. It shows that there is an impact of mobile banking on banking performance in Indonesia, but not too much. The results obtained also show that the performance of banks that provide mobile banking is better than those that have not. There are many reason, one of which is, there are still not many customers who use mobile banking, one of the causes is the safety level of mobile banking itself, therefore to minimize this case the bank company must continue to improve the quality of its mobile banking. In addition, financial investments in the digital sector are long-term, so that the results obtained from these investments cannot be seen for only a few years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/846/052001020
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, Kinerja Perusahaan Perbankan, Digital Mobile Banking, Bank Performance, Digital
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:34
Last Modified: 18 Apr 2023 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178708
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinda Ayu Safira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item