Analisis Pengaruh Iklan Televisi Indomie “Goreng Semangatmu” Terhadap Minat Pembelian Indomie (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Abdurrahman, Hamzah (2019) Analisis Pengaruh Iklan Televisi Indomie “Goreng Semangatmu” Terhadap Minat Pembelian Indomie (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Gambar, Tema Iklan, Musik (jingle), dan Bintang Iklan terhadap Minat Beli produk Indomie Goreng. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya. Penelitian ini menggunakan 290 sampel Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan Indomie “Goreng Semangatmu” di televisi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam pengujian instrumen penelitian dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistics ver.24 melalui tahapan Analisis Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel berpengaruh secara signifikan. Kemudian secara parsial terdapat tiga variabel yang berpengaruh, yaitu Bintang Iklan, Musik, dan Tema Iklan, sedangkan variabel Kualitas Gambar tidak memiliki pengaruh terhadap Minat Pembelian Indomie.

English Abstract

This research aims to determine the influences of image quality, advertising theme, music (jingle), and commercial actors on the purchase intention towards Indomie Goreng. This explanatory research explains the causal relationship between variables. The sample consists of 290 undergraduate students of Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya who have seen Indomie “Goreng Semangatmu” advertisement on television, selected using non-probability sampling and purposive sampling techniques. The data analysis was performed using Multiple Linear Regression Analysis in IBM SPSS Statistics 24. This study finds that image quality, advertising theme, music (jingle), and commercial actors simultaneously have significant influences on the purchase intention towards Indomie Goreng. Furthermore, commercial actors, music (jingle), and advertising theme partially influence the purchase intention while image quality partially does not influence the purchase intention

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/671/052000833
Uncontrolled Keywords: Sumber Pesan Iklan, Iklan Televisi, Minat Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.33 Decision making
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:29
Last Modified: 13 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178705
[thumbnail of HAMZAH ABDURRAHMAN.pdf] Text
HAMZAH ABDURRAHMAN.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item