Analisis Regresi Logistik Multinomial Pada Determinan Tingkat Konsumsi Kopi (Studi Kasus Empat Kedai Kopi Di Kota Malang)

Maykhawati, Renny (2019) Analisis Regresi Logistik Multinomial Pada Determinan Tingkat Konsumsi Kopi (Studi Kasus Empat Kedai Kopi Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, Indonesia telah memasuki era kopi ketiga yang mengindikasikan pergeseran pola konsumsi kopi yang dulunya dikonsumsi secara subsisten menjadi kebutuhan yang menyangkut prestise dan identitas diri individu dalam lingkungan sosialnya. Hal ini ditandai dengan munculnya kedai-kedai kopi di daerah perkotaan. Kota Malang menjadi salah satu wilayah potensial dalam hal pengembangan industri makanan dan minuman, didukung oleh besarnya jumlah penduduk dan usaha yang berkembang. Diperlukan analisis yang meneliti pengaruh dari variabel yang berkontribusi dalam tingkat konsumsi kopi dalam hal perumusan kebijakan yang sesuai dengan kondisi lapangan untuk peningkatan produktivitas daerah, yakni Kota Malang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari variabel jenis kelamin (X1), usia (X2), pendapatan (X3) dan pertimbangan harga (X4) pada tingkat konsumsi kopi (Y). Selain itu, sebagai pengetahuan karakterisitik konsumen kedai kopi di setiap kategori tingkat konsumsi. Penentuan responden adalah 100 orang konsumen dari empat kedai kopi dengan umur usaha yang sama di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin, usia, dan pendapatan, signifikan mempengaruhi tingkat konsumsi kopi kategori rendah, sedangkan variabel jenis kelamin signifikan berpengaruh pada tingkat konsumsi kopi kategori tinggi. Identifikasi deskripsi penciri konsumen memiliki keunikan pada masing-masing kategori, misalnya karakteristik konsumen dengan tingkat konsumsi tinggi ialah responden laki-laki, usia rata-rata 25,4 tahun, seorang karyawan, memiliki pendapatan rata-rata Rp2.318.000,00, tidak mempertimbangkan harga, mengkonsumsi kopi lebih dari 3 tahun, dipengaruhi oleh teman dan kadang-kadang mengunjungi kedai kopi. Rekomendasi penelitian mengacu pada peningkatan konsumsi kopi sebagai komoditas lokal serta penciptaan pasar dan industri yang kompetitif didukung dengan kebijakan pemerintah Kota Malang.

English Abstract

Along with the times, Indonesia has entered the third era of coffee, which indicates a shift in the pattern of coffee consumption which was once subsistently consumed into a need that concerns the prestige and identity of individuals in their social environment. This is marked by the emergence of coffee shops in urban areas. Malang City is one of the potential areas in terms of the development of the food and beverage industry, supported by a large population and a growing business. An analysis is needed that examines the influence of variables that contribute to the level of coffee consumption in terms of policy formulation that is in line with field conditions to increase regional productivity, in this case is Malang City. This study aims to determine the effect of gender variables (X1), age (X2), income (X3) and price considerations (X4) on the level of coffee consumption (Y). In addition, as a knowledge of the characteristics of coffee shop consumers in each category of consumption rates. Determination of respondents is 100 consumers from four coffee shops with the same business age in Malang. The results of this study indicate that the variables of gender, age and income significantly influence the coffee consumption rates in the low category, while the gender variable significantly influences the coffee consumption rates in the high category. Identification of the description of consumer identifiers is unique in each category, for example the characteristics of consumers with high consumption rates are male respondents, the average age of 25.4 years, an employee, has an average income of Rp2,318,000.00, does not consider the price, consuming coffee for more than 3 years, influenced by friends and sometimes visiting coffee shops. Research recommendations refer to increasing coffee consumption as a local commodity and creating competitive markets and industries supported by the policy of the Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/668/052000830
Uncontrolled Keywords: tingkat konsumsi kopi, identifikasi karakteristik konsumen, kedai kopi, regresi logistik multinomial.
Subjects: 300 Social sciences > 339 Macroeconomics and related topics > 339.4 Factors affecting income and wealth > 339.47 Consumption (Spending)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2020 11:47
Last Modified: 03 Nov 2020 11:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178672
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item