Optimalisasi Penjadwalan Perawat dengan Metode 0-1 Fuzzy Goal Programming (Studi Kasus: Ruang Merpati Rumah Sakit Wilujeng)

Cahyanti, Yeni Arisa (2019) Optimalisasi Penjadwalan Perawat dengan Metode 0-1 Fuzzy Goal Programming (Studi Kasus: Ruang Merpati Rumah Sakit Wilujeng). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah penjadwalan perawat merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kualitas pelayanan rumah sakit. Dalam skripsi ini dibahas penjadwalan perawat menggunakan metode 0-1 fuzzy goal programming untuk mencari solusi penjadwalan yang optimal. Metode ini diimplementasikan pada Ruang Merpati Rumah Sakit Wilujeng Kediri yang masih menggunakan cara manual untuk melakukan penjadwalan. Pada penelitian ini variabel keputusan yang digunakan adalah 0 atau 1. Variabel bernilai 1 artinya suatu kegiatan dilaksankanan, dan sebaliknya variabel bernilai 0 artinya suatu kegiatan tidak dilaksanakan. Model pada penelitian ini menggunakan pendekatan himpunan fuzzy sehingga derajat kepuasan fungsi keanggotaan yang dibentuk dari fungsi tujuan akan dimaksimumkan untuk mendapatkan solusi yang optimal. Fungsi keanggotaan yang dipakai pada penelitian ini adalah representasi kurva trapesium dan representasi linear turun. Model ini diselesaikan dengan bantuan software LINGO 17.0 Unlimited. Hasil yang diperoleh memenuhi semua kendala yang ada, dan dapat memaksimumkan tujuan. Pada jadwal manual terdapat 17 kegiatan yang belum sesuai dengan kebijakan, sedangkan dengan model ini jadwal sudah sesuai dengan kebijakan

English Abstract

Nurse scheduling problem is one of the important things to maintain quality of hospital service. This script is discussed the scheduling of nurse using 0-1 fuzzy goal programming to find optimal solution of scheduling. This method is implemented to Merpati chamber of Hospital of Wilujeng Kediri which is still using manual way to make a schedule. On this research, the decision variable used is 0 and 1. Variable 1 means an activity is held, otherwise variable 0 means an activity is not held. The model of this research is using fuzzy set approach so that satisfaction degree of membership function which is formed from objective function is maximized to get an optimal solution. Membership function used on this research is trapezoidal curve representation and descending linear representation. This model is solved by using the software LINGO 17.0 Unlimited. The result obtained satisfies all constraints, and able to maximized the goals. On the manually schedule there are 17 activities which not corresponding with the policy, whilw on this model the schedule are coresponding with the policy.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/151/051910854
Uncontrolled Keywords: perawat, penjadwalan, fuzzy goal programming, nurse, scheduling, fuzzy goal programming
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.31 Nonclassical logic > 511.313 Fuzzy logic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 08 Sep 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178564
[thumbnail of Yeni Arisa Cahyanti.pdf] Text
Yeni Arisa Cahyanti.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item