Wicaksana, Widdhi Anggung (2019) Analisis Kerja Sama Restoran dengan Travel Agent Terhadap Peningkatan Omzet di Waroeng Daoen (Studi pada Restoran Waroeng Daoen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan Pariwisata yang terjadi di Indonesia membuat banyak daerah yang mengembangkan industri Pariwisata sebagai salah satu penggerak perekonomian di daerah tersebut. Salah satu daerah yang berkembang khususnya di daerah Jawa Timur adalah Pariwisata di Malang. Perkembangan Pariwisata yang terjadi di Malang juga ikut memberikan dampak pada wilayah lain seperti kab. Pasuruan karena wilayah tersebut menjadi salah satu jalur bagi wisatawan yang akan berwisata ke Malang. Banyak Restoran ataupun Rumah Makan yang berdiri dan saling bersaing untuk menarik wisatawan. Salah satu Restoran yang menjadi pilihan adalah Restoran Waroeng Daoen yang terletak di Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan. Restoran tersebut sudah berdiri sejak tahun 2005. Restoran Waroeng Daoen telah mengalami banyak perkembangan semenjak awal berdiri hingga sekarang. Banyak kendala yang dihadapi seperti persaingan dengan Restoran yang lain ataupun tantangan dengan adanya Jalan Tol. Beberapa cara dilakukan untuk terus membuat pengunjung datang ke Restoran Waroeng Daoen. Salah satu kebijakan tersebut yaitu menarik Travel Agent untuk bekerjasama mendatangkan tamu ke Restoran Waroeng Daoen. Diharapkan dengan adanya kerjsamasa ini Pengunjung yang datang semakin banyak dan dapat meningkatkan omzet Restoran sehingga dapat bersaing dan terus berkembang. Dari adanya hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ”Analisis Kerja Sama Restoran dengan Travel Agent Terhadap Peningkatan Omzet Restoran.(Studi pada Restoran Waroeng Daoen)”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden Wawancara dalam penelitian ini terdiri dari 6 narasumber yaitu 3 narasumber dari pihak internal Restoran Waroeng Daoen dan 3 narasumber dari pihak travel agent. Analisis data terdiri dari empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianguasi sumber digunakan sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kerjasama yang dilakukan oleh Restoran Waroeng Daoen dengan travel agent berjalan dengan baik dilihat dengan adanya peningkatan yang didapat, namun dirasa belum maksimal dalam pemasaran kepada travel agent. 2) Kurangnya promosi yang dilakukan khususnya kepada pihak travel agent membuat pihak travel agent belum banyak yang mengetahui paket travel agent yang ditawarkan Restoran Waroeng Daoen.
English Abstract
Tourism development that occurred in Indonesia made many regions develop the tourism industry as one of the economic drivers in the area. One of the developing regions, especially in East Java, is Tourism in Malang. Tourism development that occurred in Malang also contributed to other regions such as the district Pasuruan because the area is one of the routes for tourists who will travel to Malang. Many restaurants or restaurants stand and compete with one another to attract tourists. One of the selected restaurants is Waroeng Daoen Restaurant located in Purwodadi District Pasuruan. The restaurant has been established since 2005. The Waroeng Daoen restaurant has experienced many developments since its inception until now. Many obstacles faced such as competition with other restaurants or challenges with the Toll Road. Several ways are done to continue to make visitors come to Waroeng Daoen Restaurant. One such policy is attracting Travel Agents to work together to bring guests to the Waroeng Daoen Restaurant. It is expected that with this cooperation, more and more visitors will arrive and can increase the turnover of Restaurants so they can compete and continue to grow. From this, the writer is interested in conducting a study entitled "Analysis of Restaurant Cooperation with Travel Agents on Increasing Waroeng Daoen Restaurant Turnover. (Study at Waroeng Daoen Restaurant)". This research uses descriptive qualitative research type. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Interview respondents in this study consisted of 6 speakers namely 3 speakers from internal parties Waroeng Daoen Restaurant and 3 speakers from the travel agent. Data analysis consists of four stages, namely, data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Source triangulation is used as a data validity checking technique. The results showed that: 1) The collaboration carried out by Waroeng Daoen Restaurant with travel agents is going well, seen by the increase obtained, but it is not yet maximal in marketing to travel agents. 2) The lack of promotion carried out specifically for the travel agent makes the travel agent not many people know about the travel agent package offered by Waroeng Daoen Restaurant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/897/052001062 |
Uncontrolled Keywords: | Restoran, Kerjasama, Travel agent , Peningkatan omzet Restaurant, Cooperation, Travel Agent, and Turnover increasing |
Subjects: | 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.078 Secondary industries and services > 343.078 91 Secondary industries and services (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 15 Nov 2020 14:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178515 |
Preview |
Text
Widdhi Anggung Wicaksana.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |